Misteri Kematian Zhang Zhi Jie di Yogya Jadi Sorotan Media Asing

Ajang Asia Junior Championship (AJC) 2024 yang berlangsung di Yogyakarta jadi sorotan media asing pasca wafatnya pebulu tangkis muda Cina, Zhang Zhi Jie.

Zhang Zhi Jie mendadak kolaps dan hembuskan nafas terakhir saat berlaga di AJC 2024, Minggu (30/6/2024). Saat itu, Zhang tengah berlaga melawan Kazuma Kawano.

Saat skor 11-11, Zhi Jie kolaps saat bersiap menerima servis dari Kazuma. Zhi Jie sempat berusaha untuk bangun dalam kondisi tertelungkup.

Kepala Zhang terlihat berusaha mendangkak. Tim medis baru masuk ke lapangan setelah mendapat instruksi wasit atau 40 detik setelah Zhi Jie kolaps.

Berdasarkan keterangan dari pihak Badminton Asia dan PBSI, Zhi Jie pingsan di lapangan dan dilarikan ke rumah sakit. Pebulu tangkis Cina dinyatakan meninggal dunia pada pukul 23:30 WIB.

Menurut Kepala Bidang Humas dan Media PBSI Broto Happy, Zhi Jie mengalami henti jantung mendadak. Hal ini berdasarkan laporan dari RSPAU dr. S. Hardjolukito maupun di RSUD Dr. Sardjito.

“Kesimpulan pemeriksaan dan penanganan korban, baik di RSPAU dr. S. Hardjolukito maupun di RSUD Dr. Sardjito menunjukkan hasil yang sama, yaitu korban mengalami henti jantung mendadak,” ungkap Broto seperti dikutip FT News, Selasa (2/7/2024).

Respon Media Asing

Kematian Zhi Jie sontak saja menjadi sorotan sejumlah media asing. Salah satu media Taipei Times mengulas siapa Zhang Zhi Jie hingga meninggal mendadak di Yogyakarta.

“Zhang mulai main bulu tangkis di taman kanak-kanak dan bergabung dengan tim nasional Cina tahun lalu,” tulis Taipei Times.

“Awal tahun, ia memenangkan gelar tunggal di Yonex Dutch Junior Internasional, sebuah turnamen bergengsi untuk pemain muda,”

Ulasan serupa juga dituliskan media Cina, China Daily. Menurut mereka, sosok Zhi Jie merupakan pemain muda berbakat dan Cina kehilangan atas kepergiaanya.

BACA JUGA:   MU Hancurkan Forest, Weghorst Cetak Gol Perdana

“Kami sangat berduka atas meninggalnya Zhang karena penyakit mendadak saat berkompetisi di panggung internasional dan kami tulus sangat berterima kasih kepada semua pihak yang berikan bantuan kepada Zhang,” tulis pernyataan asosiasi bulu tangkis Cina.

Pernyataan ini disampaikan asosiasi bulu tangkis Cina sebelum pihak rumah sakit mengumumkan penyebab kematian dari Zhang Zhi Jie.

Sementara itu, di akun sosial media Instagram, PBSI, warganet mengungkap kekecewaan atas insiden yang dialami Zhang Zhi Jie. Mayoritas netizen meminta pengurus PBSI untuk berbenah diri.

Artikel Terkait