Partai Politik di Denmark Percayakan AI untuk Dengar Aspirasi Masyarakat

Forumterkininews.id, Denmark – Baru-baru ini dunia perpolitikan di Denmark dihebohkan dengan partai politik bisa dipimpin oleh manusia buatan dengan kecerdasan yang dibuat.

Partai Sintesis atau The Synthetys Party mengejutkan dunia politik dengan kemunculannya. Partai ini cukup unik karena dipimpin Artificial Intelligent (AI) atau kecerdasan buatan yang dinamakan Leader Lars.

Sejauh ini Partai Sintesis menjadi partai paling unik yang mendapat jabatan di parlemen Denmark tahun ini. Partai ini didirikan oleh seniman kolektif komputer Lars dan organisasi seni serta perusahan teknologi non-profit MindFuture Foundation.

Dikutip dari Oddity Central, (Jum’at, 20/10) Partai baru ini didedikasikan agar kecerdasan buatan ini bisa mengikuti kebijakan semua partai kecil. Dimana sejak dulu partai kecil tak pernah mendapatkan kursi di parlemen.

“Kami mewakili data dari semua partai pinggiran, jadi semua partai yang mencoba untuk terpilih menjadi anggota parlemen, tetapi tak memiliki kursi,” kata pencipta partai, Asker Staunaes.

“Jadi, ini seperti seseorang yang telah membentuk visi politik mereka sendiri yang ingin diwujudkan, tetapi mereka biasanya tak memiliki uang atau sumber daya untuk melakukannya,” lanjut Staunaes.

Pemimpin AI yang bisa mendengarkan masyarakat

Pemimpin Partai Sintesis Leader Lars merupakan merupakan bot pesan yang diciptakan menggunakan kecerdasan buatan. Leader Lars juga bisa berinteraksi melalui aplikasi obrolan discord.

Dengan mengawali obrolan pakai “!”, Leader Lars bahkan bisa mengerti percakapan dalam bahasa Inggris. Namun, ia akan tetap membalasnya dengan bahasa Denmark.

Teknologi ini bakal terus mendengarkan masyarakat yang berinteraksi dengannya dan mendapatkan perspektif maupun informasi baru setiap harinya.

“Dengan begitu, kalian juga ikut serta mengembangkan AI ini setiap kali berinteraksi dengannya,” tambah Staunæs.

BACA JUGA:   CEO Microsoft ke Istana Negara, Bahas Ekosistem Teknologi

 

Artikel Terkait

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...

Bukan Google, Gen Z Mulai Gunakan Aplikasi Lain Mencari Informasi di Internet

FT News – Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa Gen...