Pelatih Yordania Anggap Indonesia Pantas Dapatkan Kemenangan

FTNews – Pelatih Yordania U-23, Abdallah Abu Zema mengakui kemenangan tim U-23 Indonesia merupakan hal yang pantas Indonesia dapatkan.

Yordania kalah telak melawan Indonesia dengan skor akhir 4-1 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4). Laga tersebut merupakan sebuah penentu lolosnya dua tim tersebut ke babak 8 besar Piala Asia U-23.

Abu memberikan selamat kepada Indonesia yang berhasil lolos ke babak selanjutnya. Dengan perolehan 6 poin, tim Indonesia berhasil menempati runner-up Grup A.

“Kami mengucapkan selamat kepada Indonesia, mereka memainkan pertandingan yang luar biasa dan pantas menang hari ini,” ujarnya dalam AFC.

Pemain Yordania sedih udah menerima kekalahan dari Indonesia. (Foto: AFC)

Pelatih dari mantan pemain timnas Yordania itu mengungkapkan bahwa gol pertama Indonesia merupakan awal keterpurkan timnya.

Abu menjelaskan bahwa gol tersebut sangat berpengaruh kepada mentalitas para pemain. Terlebih gol tersebut bertambah tidak hanya satu gol saja.

Indonesia berhasil memberikan dua gol pada babak pertama. Berawal dari gol Marselino Ferdinan melalui tendangan penalti menit ke-23 buntut pelanggaran pemain Yordania kepada Rafael Struick.

Serta gol pada menit ke-40 milik Witan Sulaeman dengan umpan trobos dari Rizky Ridho yang membuat ia pada posisi terbaik untuk melakukan eksekusi.

Tim U-23 Indonesia usai menjebol gawang Yordania. (Foto: Afc)

“Rencananya adalah mencetak gol terlebih dahulu dan jika kami melakukannya, saya pikir pertandingan akan menguntungkan kami dan kami akan menang. Namun setelah kami kebobolan gol pertama, tim Indonesia menguasai penuh dan kami tidak mampu membalasnya. Tidak ada pembenaran atas kekalahan tersebut dan tidak ada alasan untuk tersingkir dari babak penyisihan grup,” jelas Abu.

Selain itu ia juga mengatakan bahwa para pemain berbeda dengan pertandingan sebelumnya dengan permainan terbaik mereka.

Lanjutnya Abu juga meminta maaf kepada seluruh pihak yang sudah mendukungnya, karena Yordania tersingkirkan lebih cepat dari perkiraanya.

BACA JUGA:   Kualifikasi Euro 2024: Portugal Masih Digdaya, Libas Luksemburg 6-0
Pelatih Tim U-23 Yordania, Abdallah Abu Zema. (Foto: AFC)

“Para pemain bermain sangat baik di dua pertandingan pertama, di mana kami kurang beruntung; Namun, hari ini kami tidak bermain sesuai keinginan dan saya bertanggung jawab penuh atas kekalahan ini. Saya menyampaikan permintaan maaf saya kepada para penggemar dan masyarakat Yordania dan (sekali lagi) saya bertanggung jawab penuh atas hasil hari ini,” terangnya.

Yordania sendiri sudah mengikuti Piala Asia U-23 sebanyak enam edisi. Serta tim ini juga sudah pernah beberapa kali menembus delapan besar hingga peringkat ketiga pada tahun 2013.

Langkah Tim U-23 Indonesia

Tim U-23 Indonesia. (Foto: PSSI)

Sedangka tim U-23 Indonesia merupakan salah satu negara yang menjalankan debutnya pada Piala Asia U-23 ini setelah berhasil melaju dari babak kualifikasi Piala Asia U-23.

Pada saat kualifikasi tersebut tim U-23 Indonesia mendapatkan Grup K dengan lawan Turkmenistan dan Cina Taipei.

Indonesia berhasil meraih kemenangan dua pertandingan dan menjadi juara Grup K untuk meloloskan dirinya dari kualifikasi tersebut.

Dengan membantai habis China Taipei 9-0, Sabtu (9/9) dan 2-0 melawan Turkmenistan, Selasa (12/9) keduanya berlangsung di Stadion Manahan, Surakarta.

Kini mereka hanya menunggu kepastian lawan yang akan ia hadapi pada delapan besar. Lawan tersebut antara Korea Selatan ataupun Jepang.

 

Artikel Terkait