Pelatihan Bahasa Inggris untuk Pelaku UMKM di Labuan Bajo Dapat Apresiasi Menparekraf
Daerah

Forumterkininews.id, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan apresiasi atas kolaborasi dan sinergi berbagai pihak dalam memberikan pelatihan Bahasa Inggris dan pemasaran digital bagi pelaku UMKM yang berada di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.
"Saya ucapkan selamat atas Program PowerUp The MSMes yang tercipta untuk membantu meningkatkan kualitas UMKM lokal di destinasi pariwisata," kata Menparekraf Sandiaga Uno, Jumat (20/1).
Program PowerUp The MSMes adalah kolaborasi program bersama yang didukung oleh Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan digagas oleh Mastercard, BRI, Grab, dan Hotel Indonesia Natour (HIN). Dalam program itu, ada pelatihan Bahasa Inggris dan pemasaran digital bagi 100 pelaku UMKM di Labuan Bajo.
Baca Juga: Petani: Lumbung Pangan Stabilkan Harga Hasil Panen
Sandiaga menilai program tersebut berkontribusi dalam pengembangan pariwisata Labuan Bajo, khususnya bagi peningkatan kualitas UMKM. Menurutnya, program itu menjadi bagian penting dalam pembukaan lapangan kerja. Juga untuk mendukung pengembangan usaha di salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Indonesia.
Sandiaga berharap pelatihan tersbeut diikuti oleh lebih banyak pelaku UMKM lokal, sehingga mereka dapat menyambut wisatawan mancanegara (wisman) yang datang.
Pemerintah Republik Indonesia telah mempromosikan Labuan Bajo dalam berbagai kesempatan dan memberikan kesempatan kepada masyarakat lokal untuk membangun ekonomi daerah.
Baca Juga: Besok, Harga Tiket Bus Antar Provinsi Naik
Upaya pengelolaan dan pemanfaatan destinasi wisata secara optimal bisa dilakukan apabila ada peningkatan kualitas UMKM melalui pelatihan atau pembinaan.
Peningkatan keahlian masyarakat setempat pun menjadi langkah maju untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan mendukung pengembangan usaha bagi perkembangan pariwisata.
"UMKM bangkit, pariwisata jaya!" seru Sandiaga di akhir sambutannya.
CEO dan Pendiri YCAB Foundation Veronica Colondam mengatakan, pelatihan itu berfokus pada pengajaran Bahasa Inggris dan kemampuan branding produk UMKM. Ini untuk meningkatkan hasil bisnis para pelaku UMKM.
Program itu juga merupakan bagian dari komitmen Mastercard, YCAB Foundation, BRI, Grab, dan HIN. Terutama dalam mendukung upaya pemerintah mengembangkan Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas dan mempromosikannya sebagai destinasi wisata unggulan.
“Kepuasan terhadap program ini sebesar 98 persen, karena pelatihan kali ini menggunakan pendekatan berbeda, yakni dengan hadirnya pelatihan Bahasa Inggris, yang diharapkan dapat meningkatkan kapasitas mereka dalam menjalankan usaha sekaligus menunjang sektor pariwisata lokal. YCAB Foundation percaya bahwa dengan kekuatan pendidikan dan pelatihan, sektor pariwisata di Indonesia dapat berdaya," ujarnya.