Pemkot Depok Bangun Jalur Pedestrian yang Ramah Disabilitas

Forumterkininews.id, Depok – Pemerintah Kota Depok saat ini tengah membangun jalur pedestrian yang ramah untuk penyandang disabilitas dengan dilengkapi ‘Guiding Block’, di Jalan Kartini, Kota Depok, Jawa Barat.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan pembangunan jalur pedestrian dilengkapi “guiding block” tersebut berfungsi sebagai rambu jalan bagi tunanetra, bertekstur timbul dengan warna kuning yang berada di trotoar.

“Penunjuk arah bagi penyandang disabilitas atau ‘guiding block’ ini dilakukan agar seluruh pengguna jalan merasa nyaman,” kata Idris.

“Karena trotoar juga menjadi hak seluruh pejalan kaki, termasuk penyandang disabilitas,” tambahnya, dikutip dari Antara, Senin (26/9).

Ia meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) serta pelaksana kegiatan agar memenuhi standar dalam pemasangan ‘guiding block’ di trotoar Jalan Kartini.

“Saya juga meminta jalurnya tidak terputus, rapi, dan cat tak mudah terkelupas serta tidak menabrak tiang maupun pohon,” ucap Idris.

Selain itu, nantinya trotoar di Jalan Kartini juga memiliki bagian landai.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengguna kursi roda ketika naik dan turun trotoar. Lebar trotoar yang akan dibangun juga bervariasi

“Mulai dari 1 hingga 1,5 meter dengan panjang 1,5 kilometer, dengan ketinggian berkisar 15 cm dari bahu jalan,” ujar Idris.

Kepala PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan pembangunan jalur trotoar atau pedestrian ramah disabilitas  disiapkan pada jalur yang bertekstur.

Sehingga penyandang warga berkebutuhan khusus itu bisa terarah dan tidak ada perbedaan elevasi yang membahayakan.

Ia menambahkan, untuk pembangunan trotoar akan menggunakan pola seperti trotoar di Jalan Margonda. Kemudian, teksturnya dibuat menyerupai kulit jeruk serta dilakukan hotmix dengan metode pengaspalan.

Anggaran peningkatan Jalan Kartini berasal dari bantuan Pemerintah Provinsi Jabar.

BACA JUGA:   Puluhan Ibu Rumah Tangga Jadi Korban Penipuan Bermodus Arisan di Palembang

Pengerjaannya dimulai dengan pemasangan saluran air berukuran 60 x 80 sentimeter, demikian Citra Indah Yulianty.

Artikel Terkait