Perputaran Ekonomi Libur Lebaran 2024 Diprediksi Capai Rp276,11 Triliun

FTNews – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memprediksi perputaran ekonomi saat libur Lebaran 2024 capai Rp276,11 triliun. Jumlah ini naik dari tahun sebelumnya yang hanya Rp240,01 triliun.

Boleh jadi, kenaikan prediksi perputaran uang saat Lebaran 2024 berkorelasi dengan meningkatnya animo masyarakat mengisi liburan panjang. Misalnya saja saat pulang kampung, warga pasti mengisinya dengan berwisata.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf, Dessy Ruhati menyampaikan hal ini dalam “The Extended Weekly Brief with Sandi Uno”, Senin (1/4).

“Angka ini mengalami kenaikan yang signifikan sebesar 15 persen jika dibandingkan dengan potensi perputaran ekonomi Lebaran tahun sebelumnya, yakni Rp240,01 triliun,” jelas Dessy.

Proyeksi ini tidak luput dari perkiraan pergerakan masyarakat selama periode libur Lebaran 2024.

Berdasarkan prediksi Kementerian Perhubungan, akan ada sekitar 193,6 juta orang yang bergerak pada libur Lebaran tahun ini. Terdapat peningkatan dari libur Lebaran 2023 yang memobilisasi 123,8 juta orang.

Selain itu, mereka juga memprediksi pergerakan wisatawan akan mengarah ke Pulau Jawa dengan tiga daerah tujuan terbesar. Yaitu Jawa Tengah sebanyak 61,6 juta orang, Jawa Timur sebanyak 37,6 juta orang, dan Jawa Barat 32,1 juta orang.

Tujuan-tujuan Wisata Lebaran 2024

Suasana liburan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Foto: FTNews/Ario Vallentino S.

Kemenparekraf juga telah melakukan survei dan menganalisis preferensi daya tarik wisata musim Lebaran tahun ini.

Hasilnya, daya tarik wisata libur Lebaran 2024 adalah danau/pantai, pusat kuliner, pegunungan/agrowisata, taman rekreasi/kebun binatang, dan pusat perbelanjaan.

Lalu, destinasi wisata yang akan menjadi favorit tahun ini meliputi D.I Yogyakarta dengan Malioboro dan Parangtritis, Jawa Tengah dengan Borobudur, dan Jawa Timur dengan Bromo. Selain itu, Ciwidey, Pangandaran, dan Lembang akan menjadi destinasi favorit di Jawa Barat dan Puncak Bogor dan Ragunan untuk di Jabodetabek.

BACA JUGA:   Hari Ini, Jasa Marga Berikan Diskon Tarif di Tol Trans Jawa

Kemenparekraf memprediksi rata-rata durasi berwisata mencapai 2 hingga 4 hari atau pun one day trip (1 hari).

“Kami berharap kesiapan dari destinasi baik keamanan dan kenyamanan menjadi bagian yang penting juga dalam menghadirkan kelancaran di momen Lebaran tahun ini,” papar Dessy.

Artikel Terkait

Digulingkan Karena Timses Ganjar, Arsjad Rasjid: Tidak Relevan

FT News – Arsjad Rasjid menjawab isu mengenai dirinya...

Mengenal Anindya Bakrie, Ketua Kadin Melalui Munaslub

FT News – Pengusaha Anindya Bakrie akhirnya diumumkan menjadi...

Menko Marves Kunjungi TSTH2 di Pollung, Cek Ribuan Bibit Tanaman Herbal

FT News - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi,...