Persiapan Mudik Lebaran 2024, Pemerintah Pusat Perbaiki Jalur Lintas Barat Sumatera di Bengkulu

FTNews - Pemerintah Pusat melalui Balai Jalan dan Balai Wilayah Sungai akan melakukan perbaikan jalan nasional Jalur Lintas Barat Pulau Sumatera yang ada di Provinsi Bengkulu.

Langkah tersebut dilakukan dalam rangka persiapan mudik Lebaran Tahun 2024 mendatang.

“Balai Sungai dan Balai Jalan mulai melakukan pemeliharaan jalan supaya nyaman, terutama fokus untuk puasa dan lebaran, itu mulai mereka laksanakan,” kata Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu Tejo Suroso kepada wartawan, Selasa (23/1).

Prioritas perbaikan di jalur nasional yang ada di Bengkulu meliputi jalan dari Kabupaten Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Bengkulu Utara hingga jalan lintas barat yang ada di Kabupaten Mukomuko.

Sementara, panjang ruas jalan lintas barat yang diperbaiki sepanjang 230 kilometer. Meski begitu, perbaikannya saat ini masih menggunakan metode tambal sulam pada titik-titik yang mengalami kerusakan.

“Kemudian, Balai Sungai juga akan membangun pengaman pantai untuk mengantisipasi abrasi ada 3 lokasi prioritas, mulai dari Pondok Kelapa (Bengkulu Tengah) hingga ke Putri Hijau (Bengkulu Utara),” kata Tejo.

Tejo mengatakan, seluruh pengerjaan ditargetkan rampung sebelum arus mudik dan balik Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 2024.

Sehingga jalan lintas barat dari dan menuju Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) itu diharapkan bisa dilalui pemudik.

Sebagai gambaran, selama ini, Lintas Barat Pulau Sumatera tidak menjadi jalur utama. Persoalan tersebut disebabkan karena akses, infrastruktur dan posisinya yang tidak efisien dibandingkan dua jalur lintas lainnya.

Tak hanya itu, biaya operasional akan lebih besar bila melalui Lintas Barat Sumatera, bila tujuannya ke Sumatera Utara, Aceh, Riau, Jambi atau Sumatera Selatan.

Namun, Jalur Lintas Barat Sumatera juga patut dipertimbangkan sebagai jalur alternatif, sebab jalur itu tidak ada kepadatan jalan meskipun dalam kondisi arus mudik dan balik.

Artikel Terkait

Bengkulu Keluar dari ‘Grup 10 Besar Daerah Inflasi Tertinggi’, Denny: Sekarang Kategori Ideal

FTNews, Bengkulu--- Berkat kerja keras, akhirnya Provinsi Bengkulu berhasil...

Harga Tomat Anjlok, KAGAMA Bengkulu Salurkan 3 Ton Tomat Gratis ke Warga

FTNews, Bengkulu--- Guna mendukung kelangsungan perekonomian hasil tani di...

Kepatuhan Bayar Pajak Kendaraan Masih Rendah, Ini Upaya yang Dilakukan

FTNews ---- Kepatuhan masyarakat Bengkulu dalam membayar Pajak Kendaraan...

Kabar Gembira! Disperdag Sediakan Bantuan untuk Toko Kelontong dan Warung, segera Daftar!

FTNews, Kota Bengkulu--- Kabar gembira untuk masyarakat Kota Bengkulu...