Pertama Kalinya, BYD Jadi Mobil Terlaris di China

Forumterkininews.id, Beijing – Perusahaan BYD untuk pertama kalinya menjadi mobil di China. Perusahaan mobil asal China itu berhasil mematahkan dominasi Volkswagen.

“BYD sangat, sangat kuat,” kata Chief Executive Officer Volkswagen Oliver Blume dalam sebuah acara di pameran otomotif Shanghai bulan ini.

“Pada akhirnya, tidak semuanya tentang volume. Kami ingin memiliki bisnis yang sukses, dan lebih penting untuk menjadi grup internasional terbaik di sini di China,” ucap Blume.

Pada kuartal pertama, BYD menjual lebih dari 440.000 mobil di China, melompat melewati pesaingnya asal Jerman, menurut data industri otomotif yang dikompilasi oleh Bloomberg via Hindustan Tmes, Rabu (26/4).

Ketua BYD, Wang Chuanfu, mengatakan bulan lalu bahwa dia bertujuan untuk mengalahkan Volkswagen pada akhir 2023.

Volkswagen telah menjadi merek terlaris diantara produsen mobil di China setidaknya sejak 2008, ketika data dari China Automotive Technology and Research Center mulai tersedia.

Penjualan kendaraan di bawah merek Volkswagen mencapai 427.247 unit di China pada kuartal pertama, dengan kendaraan listrik hanya menyumbang 6 persen.

Tren itu mencerminkan penurunan pengaruh merek asing legendaris karena BYD, pembuat kendaraan listrik China, bersaing dengan model yang semakin canggih dan terjangkau.

BYD yang berbasis di Shenzhen menjual 1,86 juta kendaraan pada tahun 2022, lebih dari yang dijual dalam empat tahun sebelumnya digabungkan. Perusahaan tersebut menyumbang dua dari setiap lima penjualan mobil baru di China pada kuartal pertama.

BYD menjual hampir 550.000 mobil secara global pada Januari-Maret, melebihi semua pendaftaran kendaraan penumpang di Inggris dalam periode tersebut.

Artikel Terkait