Perubahan Iklim Dapat Diatasi dengan Mengubah Perilaku

Forumterkininews.id, Jakarta – Krisis air pada sejumlah daerah akibat terjadinya perubahan iklim. Dan, perubahan perilaku bisa jadi salah satu cara mengatasinya.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan hal tersebut.

“Menghadapi perubahan iklim kuncinya itu kita harus berani merubah gaya hidup kita selama ini,” kata Dwikorita dalam diskusi daring dikutip Antara, Selasa (17/10).

Perubahan gaya hidup yang ia maksud adalah beralih ke energi yang lebih ramah lingkungan, seperti energi listrik, surya, dan air.

Selain krisis air, kenaikan suhu bumi juga meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca, terutama karbondioksida (CO2). Kenaikan konsentrasi CO2 ini berasal dari penggunaan energi fosil, seperti kendaraan bermotor dan industri.

Lebih lanjut, Dwikorita juga mengimbau masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi publik

“Jadi kita harus mengurangi penyebabnya, salah satunya mengendalikan gas rumah kaca karena itu asalnya dari energi fosil,” kata Dwikorita.

Perubahan iklim menjadi salah satu ancaman serius yang menghantui dunia saat ini. Dampaknya yang semakin nyata telah mengubah pola cuaca, meningkatkan suhu global, dan menyebabkan masalah-masalah ekstrim seperti kekeringan yang memprihatinkan.

Artikel Terkait

Layanan Khusus Tri Bagi Pecinta E-Sport di PON XXI Aceh-Sumut

FT News - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH),...

Gianyar Bali 2 Kali Diguncang Gempa Pagi Tadi

FT News - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)...

Polda Sumut Sukses Amankan Closing Ceremony PON XXI 2024

FT News - Polda Sumut sukses amankan Closing Ceremony...