PLN Salurkan Rp80 Juta Untuk Pelestarian Lingkungan Laut di Makassar

Forumterkininews.id, Makassar – PT PLN (Persero) mengajak masyarakat berperan aktif dalam pengelolaan dan konservasi lingkungan laut. Hal ini dilakukan melalui saluran bantuan senilai Rp80 juta untuk untuk pelestarian bawah laut. Adapun pelestarian tersebut dilakukan dengan merehabilitasi dan perluasan transplantasi karang di Selat Makassar.

Sebelumnya, PLN telah memberikan bantuan Rp149 juta untuk pelestarian terumbu karang di Pulau Samalona, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Ketua Komunitas Global Geosains Indonesia Scuba (GGIS) Zulqarnain menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PLN atas terlaksananya kegiatan jilid 2 di Pulau Samalona.

“Alhamdulillah, September 2021 sebelum ditanami, kondisi berpasir dan karang yang patah dan mati. Sekarang di lokasi tersebut, sudah banyak terdapat ikan yang bermain, memijah, mencari makan dan berlindung. Juga sudah banyak nelayan yang mancing di lokasi tersebut,” ujarnya di Makassar, dikutip dari Antara,  Minggu (24/7).

Komitmen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan

Giat ini merupakan wujud komitmen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). PLN tidak hanya memberikan pendampingan ekonomi bagi masyarakat saja. Tetapi sekaligus mengajak masyarakat berperan aktif dalam pengelolaan dan konservasi lingkungan laut.

“Setelah dilakukan transplantasi karang di lokasi tersebut, kondisi semakin baik dengan persentase pertumbuhan karang hidup 70 persen,” ungkap Zulqarnain.

Selain itu dengan bantuan PLN ini akan ditanam sejumlah 1.000 fragmen terumbu karang dengan metode spyder, meja, swival, dan lem.

Kegiatan ini turut melibatkan Brigade Diving Club (BDC) dari Brimob Polda Sulsel, komunitas Sangkarrang Ocean Dive, dan Mega Reso Sarotama, dan Klas Film yang turut berkontribusi dalam rehabilitasi karang.

Pada tempat yang terpisah, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggata, dan Sulawesi Selatan (UIW Sulselrabar) Awaluddin Hafid menjelaskan pengelolaan lingkungan laut ini sejalan dengan prinsip SDG’s.

BACA JUGA:   Resmikan Sekber Gerindra-PKB, Cak Imin Beberkan Manfaatkannya

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, PLN ingin kehadiran korporat juga memberikan dampak bagi keberlangsungan lingkungan sekitar.

“Ini merupakan implementasi dari transformasi PLN yang Green dan Clean. Kami libatkan masyarakat untuk aktif dalam pelestarian ekosistem laut dan pesisir. Sehingga bisa memberikan dampak perekonomian ke masyarakat,” ujarnya.

Dia berharap, dengan transplantasi terumbu karang, pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar meningkat. Dan masyarakat memiliki kepedulian dalam menjaga lingkungan khususnya terumbu karang di Pulau Samalona.

Artikel Terkait