Polda Metro Jaya Dalami Kasus Meme Stupa Candi Borobudur

Forumterkininews.id, Jakarta - Kurniawan Santoso melaporkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo ke Polda Mero Jaya. Roy dilaporkan karena dianggap melecehkan simbol agama Buddha. Pasalnya pakar telematika ini mengunggah ulang meme patung Candi Borobudur yang diedit menjadi mirip wajah Presiden RI Joko Widodo.

Disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, laporan tersebut masuk ke Polda Metro Jaya pada Senin (20/6). Pelapor merupakan perwakilan umat Buddha.

“Laporannya sudah masuk. Kami sedang pelajari kasus pelecehan meme ini,” ungkap Zulpan, Selasa (21/6).

Kini, laporan tersebut sedang ditangani Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya.

Kendati demikian, Zulpan belum menerangkan lebih gamblang perihal tindak lanjut dari kasus tersebut. Ia menyebutkan, laporan itu hanya sebatas tengah disidik.

“Tiap laporan tentu akan diproses. Penyidik bakal mempelajari laporan tersebut,” tandas Zulpan.

Diberitakan sebelumnya,

Seperti diketahui, Kurniawan Santoso yang merupakan tokoh agama Budha merasa apa yang dilakukan Roy Suryo melecehkan simbol keyakinan mereka.

“Kami perjuangkan mengenai kehormatan, harga diri, atau martabat, atau marwah agama kami yang dilecehkan,” ujar Kurniawan kepada wartawan, Senin.

Menurut Kurniawan, meme yang diunggah ulang oleh Roy Suryo adalah editan gambar Patung Siddhartha Gautama atau dikenal sebagai Sang Buddha. Dalam unggahannya, Roy Suryo dianggap melecehkan dan mengolok-olok Patung Sang Buddha karena mengunggah ulang gambar tersebut disertai kata “lucu” dan “ambyar”.

“Kalimat yang dia tambahkan adalah ‘lucu hehehe ambyar’. Itu bahasa yang sangat melecehkan,” ucap Kurniawan.

“Dia tahu bahwa itu diedit, dia tahu bahwa itu simbol agama yang sangat sakral buat kami, dia tahu diubah, tapi ditertawakan,” sambungnya.

Atas dasar itu, kata Kurniawan memutuskan untuk melaporkan Roy Suryo ke Polda Metro Jaya. Laporan tersebut teregistrasi dengan nomor LP/B/3042/VI/2022/SPKT/Polda Metro Jaya, tertanggal 20 Juni 2022.

Artikel Terkait

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Tersangka Sempat Beli Gorengan Sebelum Perkosa-Bunuh Gadis Penjual Gorengan

FT News - Polisi mengungkap kronologi pemerkosaan dan pembunuhan...

Edarkan Ganja, Pria Paruh Baya di Langkat Dicokok Polisi

FT News - Polisi menangkap seorang pengedar narkoba jenis...