Prabowo-Gibran Ungguli “Quick Count”, Seakurat Apa Metode Ini?

FTNews – Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka terlihat mengungguli quick count dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pasangan calon 02 ini terlihat memegang suara lebih dari 50 persen dari berbagai hasil survei dari berbagai lembaga survei.

Charta Politika, telah mendata sebanyak 57,75 persen suara yang masuk kepada pasangan Prabowo-Gibran. Selain itu, Populi Center juga mengatakan sebanyak 59,23 persen suara mendukung Prabowo-Gibran.

Keduanya adalah dua dari sejumlah lembaga survei terpercaya yang melakukan quick count. Berbeda dengan real count, quick count mengambil sampel dari beberapa tampat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Lembaga Charta Politika menggunakan sampel sebanyak 2.000 TPS di seluruh Indonesia. Sedangkan Populi Center menggunakan 2.500 TPS sebagai sampel.

Hasil dari perwakilan beberapa TPS dari seluruh Indonesia akan menjadi perkiraan hasil dari real count itu sendiri. Karena pengambilan data tidak secara menyeluruh, tentu ketidakakuratan data akan terjadi.

Hasil quick count dari salah satu lembaga survei, Populi Center. Foto: Populi Center

Namun, ketidakakuratan ini memiliki margin yang sangat rendah sehingga hasil akhir dari survei tidak akan berbeda jauh dari hasil real count. 

Seperti Charta Politika, mereka memperkirakan adanya margin error sebesar satu persen. Sementara itu, Populi Center memiliki margin error sebesar 0,16 persen.

Beberapa penelitian juga telah menyatakan bahwa metode ini cukup efektif dan akurat dalam memperkirakan hasil akhir pemungutan suara.

Seperti sebuah penelitian dari Universitas Negeri Semarang, mereka membandingkan hasil quick count dan real count saat adanya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2014.

Setelah membandingkan hasilnya, ternyata hasil survei tidak jauh berbeda dari hasil asli dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Menunjukkan margin error terbesar di salah satu paslon sebesar 0,15 persen lebih sedikit dari hasil perhitungan dari KPU.

BACA JUGA:   ChatGPT Bisa Bantu Bikin Skripsi, Ini Caranya

Meskipun begitu, kita boleh percaya atau tidak percaya dengan hasil quick count dari berbagai lembaga survei. Pada akhirnya, hasil yang 100 persen akurat tetap berasal dari perhitungan KPU.

Artikel Terkait

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...

Bukan Google, Gen Z Mulai Gunakan Aplikasi Lain Mencari Informasi di Internet

FT News – Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa Gen...