Progres Pembangunan IKN Tahap Pertama Capai 80 Persen

FTNews- Progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap pertama kini sudah mencapai 80,82 persen. Hal itu disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

“Progres Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) hingga saat ini telah mengalami kemajuan sebesar 80,82 persen,” kata Suharso dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2024 di JCC, Jakarta, Senin (6/5).

Suharso menerangkan, pembangunan tahap pertama ini fokus di kawasan inti atau pusat pemerintahan di IKN.

“Seperti pembangunan istana presiden, lapangan upacara, sumbu kebangsaan, gedung perkantoran kementerian/lembaga, hingga hunian aparatur sipil negara (ASN),”paparnya.

Kemudian pembangunan infrastruktur sumber daya air, jaringan listrik dan telekomunikasi, rumah sakit, hingga jalan tol.

“Sedangkan fasilitas prasarana dan sarana dasar maupun penunjang mendapat dukungan pihak swasta. Seperti rumah sakit, dan sekolah bertaraf internasional, sarana olahraga,”tuturnya.

Pembangunan IKN, lanjutnya, juga mendapat dukungan dari masuknya investor lokal.

Hal ini terlihat dari prosesi peletakan batu pertama atau groundbreaking yang telah berlangsung lima kali oleh presiden Jokowi . Dengan total komitmen investasi mencapai Rp49,6 triliun.

“IKN mencatat komitmen investasi yang terus meningkat. Hal ini terlihat dengan telah berlangsungnya 5 kali groundbreaking. Total investasi yang dikantongi telah lebih dari Rp 49,6 triliun,” tandasnya.

Tahap 6

Sebelumnya, Groundbreaking IKN tahap 6 bakal berlanjut pada awal bulan Juni.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut, hal itu menyesuaikan jadwal Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan mengikuti kegiatan World Water Forum pertengahan Mei ini.

“Itu (groundbreaking tahap 6) habis world water forum, sekitar awal Juni. Minimal akhir Mei kalau kata Presiden kemarin,” ujar Basuki dalam keterangannya, Jumat (3/5).

Groundbreaking IKN sendiri sudah absen 2 kali pada Maret dan April lalu. Padahal awal pelaksanaannya dijadwalkan setiap bulan.

BACA JUGA:   Bukan Main! Kawal Gubernur Terpilih, Pemprov DKI Beli Moge Rp6,35 M

Ini agar pembangunan yang sudah berlangsung sebelumnya bisa lebih fokus. Untuk mencapai target penyelesaian pada pertengahan tahun mendatang.

Di kesempatan berbeda, Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono mengungkapkan bahwa fokus dari groundbreaking tahap 6 di IKN adalah untuk menggarap sektor pendidikan.

Bahkan institusi pendidikan asal Malaysia, kata Bambang juga bakal merealisasikan investasinya ke IKN pada groundbreaking tahap 6.

Artikel Terkait