PT KAI Mulai Jual Tiket untuk Libur Natal dan Tahun Baru

Forumterkininews.id, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia mulai menjual tiket kereta api untuk perjalanan jarak menengah dan jauh dari Daerah untuk libur Natal dan Tahun Baru 2023. Penjualan tiket dilakukan secara bertahap mulai Senin (7/11).

Sedikitnya dua Daerah Operasi (Daop) telah melakukan hal ini. Keduanya yakni PT KAI Daop II yang meliputi kawasan Bandung dan sekitarnya dan Daop VI meliputi kawasan Yogyakarta.

Manajer Humas KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Franoto Wibowo mengatakan, penjualan tiket dengan masa yang lebih cepat merupakan upaya KAI meningkatkan pelayanan pelanggan. Dimana PT KAI memberikan waktu yang lebih leluasa bagi calon penumpang untuk merencanakan perjalanan libur akhir tahun.

Karena masa penjualan tiket yang lebih panjang, Franoto mengingatkan calon penumpang untuk lebih teliti memasukkan tanggal. Juga Rute perjalanan serta data diri yang tepat.

Sedangkan syarat perjalanan pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023 untuk saat ini tetap merujuk pada SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 yaitu calon penumpang berusia lebih dari 18 tahun harus sudah menjalani vaksinasi dosis penguat. Sedangkan penumpang berusia 6-17 tahun harus sudah menjalani vaksinasi dosis kedua.

“Biasanya, kami menjual tiket kereta api mulai H-30 keberangkatan tetapi untuk libur Natal dan Tahun Baru 2023, tiket dijual mulai H-45 keberangkatan,” kata Manajer Humas KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Franoto Wibowo di Yogyakarta, Senin.

Periode Nataru Ditetapkan 22 Desember – 8 Januari

Periode Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023 ditetapkan pada 22 Desember hingga 8 Januari 2023. Tiket bisa dibeli secara daring melalui aplikasi KAI Access atau laman penjualan tiket KAI. Juga seluruh mitra resmi penjualan tiket kereta api.

BACA JUGA:   Jumat 5 April 2024, MK Panggil Empat Menteri

Manager Humas Daop 2 Bandung, Kuswardojo, mengatakan, penjualan tiket kereta api untuk perjalanan masa libur natal dan tahun baru dibuka bertahap mulai Senin atau H-45 keberangkatan.

Menurut dia, tiket kereta nantinya dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, Contact Center 121. Atau juga bisa melalui Loket Box, serta seluruh mitra resmi pemesanan tiket KAI lainnya.

Kuswardojo mengatakan, pada periode angkutan natal dan tahun baru, Daop II Bandung mengoperasikan 103 perjalanan kereta api. Kereta ini melayani 41 perjalanan KA jarak jauh dan 62 perjalanan KA Lokal.

Untuk total tempat duduk yang disiapkan sebanyak 84.266 tempat duduk. Rinciannya 21.832 untuk KA jarak jauh dan 62.434 KA lokal, dengan total rata-rata 4.956 tiket per hari.

 

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...

KPPU Duga Lion Air Group Lakukan Monopoli Harga Tiket Pesawat

FT News – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga...