Puncak Arus Balik Lebaran di Bandung Barat Telah Terjadi Hari Minggu Kemarin

FTNews - Puncak arus balik kendaraan yang sebelumnya melakukan mudik saat Lebaran disebut sudah terlewati di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Berdasarkan data Dinas Perhubungan (Dishub) KBB arus kendaraan yang balik ke daerah masing-masing telah mencapai puncaknya pada Minggu (14/4/2024).

Volume kendaraan arus balik paling banyak melalui jalur arteri Padalarang.

“Kalau puncak arus balik kemarin pada Minggu. Dominasinya adalah roda dua,” kata Kepala Dinas Perhubungan KBB Fauzan Azima kepada awak media, Senin (15/4).

Berdasarkan data yang tercatat Dishub KBB, arus lalu lintas di Padalarang sejak H+1 Lebaran pada 11 April 2024 telah ada 173.503 kendaraan yang mengarah ke Cianjur dengan volume kendaraan terbanyak pada 14 April 2024, yakni 48.755 unit kendaraan.

Kemudian untuk tujuan Bandung, pada periode sama, telah dilintasi 155.265 kendaraan dengan volume kendaraan terbanyak pada 13 April 2024, sebanyak 37.646 unit kendaraan.

“Untuk tahun ini, ada kenaikan 25 persen dibandingkan dengan 2023,” ucap dia.

Dikemukakan Fauzan, Jalan Padalarang Raya merupakan jalur perlintasan arus balik dari wilayah Priangan Timur seperti Garut, Tasik, Ciamis, dan sekitarnya ke Kota Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Bekasi, Karawang, hingga Jakarta.

Fauzan mengatakan, untuk mengantisipasi tingginya volume kendaraan yang melintas di wilayah tersebut, pihaknya melakukan berbagai skema, utamanya kanalisasi arus di titik-titik yang berpotensi mengalami penumpukan kendaraan.

Upaya lain yang dilakukan, yakni penempatan petugas di setiap pos terpadu yang masih akan beroperasi di seluruh titik hingga Selasa (16/4).

“Kami tempatkan pos terpadu dan personel bergabung dengan personel kepolisian, TNI dan stakeholder terkait untuk mengurai kemacetan dan memberikan layanan,” katanya.

Artikel Terkait

Atasi Kemacetan di Puncak, Bogor, Ganjil Genap dan One Way Diterapkan

FTNews --- Puncak Bogor masih alami kemacetan panjang hingga...

Breaking News! Gempa 5,3 M Guncang Sukabumi Minggu Sore

FT News - Gempa bumi mengguncang Sukabumi, Jawa Barat...

Sudah Enam Kali Produksi, Rumah Pembuatan Uang Palsu Digrebek Polisi

FTNews, Bekasi--- Bareskrim Polri melakukan penggerebekan sebuah rumah produksi...

Tinjau MBG di Sumedang, Setda Jabar: Juga akan Digelar di Sukabumi, Subang, Majelengka

FTNews, Sumedang---  Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman...