Resmi, Jokowi Luncurkan Teknologi 5G Mining di Mimika

Forumterkininews, Mimika – Presiden Indonesia, Joko Widodo siang ini telah meresmikan 5G Underground Smart Mining di PT Freeport Indonesia. Ini sekaligus menjadi bukti Indonesia bergerak lebih maju.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, siang hari ini saya resmikan 5G Underground Smart Mining di PT Freeport Indonesia,” kata Jokowi, sebagaimana diberitakan Setkab.

Presiden Jokowi mengatakan Indonesia tidak boleh tertinggal dan harus mampu bersaing di segala sektor yang semakin terdigitalisasi.

Sektor pertambangan pun juga tidak boleh ketinggalan, harus segera mengimplementasikan teknologi Artificial intelligence (AI), Internet of Things (IoT), machine learning, hingga big data dalam rangka mendukung seluruh operasional di pertambangan.

“Hari ini kita buktikan bahwa kita telah bergerak lebih maju dengan menerapkan 5G Smart Mining pertama di Asia Tenggara oleh PT Freeport Indonesia, yang didukung PT Telkomsel,” ungkapnya.

“Dalam rangka untuk mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh, serta meningkatkan keselamatan kerja dan untuk produktivitas pertambangan PT Freeport Indonesia.”

 

Artikel Terkait