Rido Berencana Salurkan Kredit Terjangkau Bagi Warga Jakarta, Ini Sumber Dananya

FTNews – Pasangan calon gubernur Jakarta nomor urut satu Ridwan Kamil-Suswono berencana memberikan pinjaman yang mudah dijangkau oleh masyarakat.

Sasaran utama program ini adalah warga Jakarta yang memiliki ekonomi rendah dan tidak dapat menjangkau pinjaman di bank. Program ini diberi nama ‘Kredit Mesra’.

“Siapa yang di sasar golongan yang gak bisa pinjam ke bank, makanya disebutnya kredit kelompok karena ia tidak punya anggunan,” jelasnya setelah acara Dialog Para Cagub & Cawagub DKI 2024-2029 bersama Forum Purna Pejabat Pemda DKI Jakarta di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Kamis (26/9).

Pasangan calon gubernur Jakarta nomor urut satu Ridwan Kamil-Suswono dalam acara Dialog Para Cagub & Cawagub DKI 2024-2029 bersama Forum Purna Pejabat Pemda DKI Jakarta di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Kamis (26/9). FTNews/Muhamad Nur Alfiyan

Prinsipnya, lima orang warga mendapat pinjaman sekian juta tanpa agunan. Namun, apabila satu orang tidak dapat membayar angsuran, empat orang lainnya juga ikut bertanggung jawab.

“Kredit mesra itu sudah saya jalankan itu kalau dulu di Jawa Barat oleh Bank BJB nanti oleh Bank DKI,” tegas politikus Golkar itu.

Saat menjadi gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengklaim sekitar 30 ribu warga miskin bisa mendapatkan pinjaman antara Rp500 ribu hingga Rp10 juta.

Pasangan calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono dalam acara Dialog Para Cagub & Cawagub DKI 2024-2029 bersama Forum Purna Pejabat Pemda DKI Jakarta di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Kamis (26/9).  FTNews/Muhamad Nur Alfiyan

Kredit mesra merupakan salah satu program unggulan pasangan Rido. Sebelumnya, Ridwan Kamil menyebut akan memberikan dana pembangunan untuk RW sebesar Rp200 juta per tahun. Dirinya pun, akan memberikan tambahan insentif bagi ketua RT dan RW.

“Ketua RT dan RW yang kerja keras luar biasa kita naikan nanti penghasilannya setinggi tingginya yang memungkinkan,” ujarnya di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Rabu (25/9).

Rencana program ini menjadi gambaran Ridwan Kamil dalam mencintai seluruh lapisan masyarakat.

“Jadi, itulah kecintaan kami kepada warga yang paling harus kami lindungi sebagai pemimpin yaitu golongan menengah ke bawah,” tutupnya.

Artikel Terkait