RS Polri Kramat Jati Kerahkan Dokter Spesialis Tangani Kapolda Jambi

Forumterkininews.id, Jakarta – Rumah Sakit Bhayangkara Raden Said Sukanto (RS Polri) Kramat Jati mengerahkan dokter spesialis untuk menangani Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono.

Rusdi bersama seorang ajudan sebelumnya dirawat di RS Bhayangkara Polda Jambi tiba ke RS Polri Kramat Jati untuk penanganan medis lebih lanjut Rabu petang. Kepala RS Polri Kramat Jati Brigjen Pol Hariyanto mengatakan, dokter spesialis yang dilibatkan di antaranya ahli ortopedi dan ahli bedah toraks (dada).

Keduanya dipanggil untuk memulihkan kondisi Rusdi dan atas luka diderita akibat kecelakaan. Menurut dia, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara Rusdi dan ajudannya kini dalam kondisi baik karena sudah mendapat penanganan medis awal.

“Kondisi secara umum cukup baik karena tadi malam dilakukan stabilisasi di RS Bhayangkara Jambi. Kita sifatnya meneruskan pemeriksaan,” kata Hariyanto di RS Polri Kramat Jati.

Dari hasil pemeriksaan, kata dia, Rusdi mengalami luka pada bagian siku. Kemudian dislokasi jari kanan, dada memar, patah tulang linier, dan patah tulang rusuk ringan sehingga butuh penanganan lebih lanjut.

Namun untuk sekarang tim dokter RS Polri Kramat Jati belum mengambil tindakan operasi. Pasalnya Jenderal Bintang Dua ini masih menjalani observasi dan butuh waktu beristirahat memulihkan kondisi.

“Kita menunggu perbaikan kondisi fisik dari bapak Kapolda karena sudah beberapa hari ini kurang istirahat. Untuk penanganan kita melibatkan beberapa sub spesialis,” papar Hariyanto.

Kolaborasi Bersama RSCM

Disebutkannya, penanganan medis ini tidak hanya melibatkan tim dokter Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri. Tapi juga dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

“Kolaboratif. Jadi tidak hanya dari kita, tapi ada dokter spesialisasi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Ada dua (ahli) ortopedi. Ini (penanganan) ke arah ortopedi dan bedah torak,” tuturnya.

BACA JUGA:   Sambil Menangis, Ade Yasin Minta Keadilan ke Majelis Hakim Saat Bacakan Pleidoi

Enam anggota Polri lain yang menjadi korban kecelakaan di Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci masih dirawat di RS Bhayangkara Polda Jambi. RS Polri pun terus berkoordinasi dengan tim dokter RS Bhayangkara Polda Jambi bila ada korban lain yang harus dirujuk.

“Jadi, nanti kita lakukan komunikasi apabila perlu dirujuk ke Jakarta,” tuturnya.

Sebelumnya helikopter Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Baharkam Polri yang membawa Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono beserta jajarannya jatuh pada Minggu (19/2).

Artikel Terkait