Tembok Penahan Tanah Ambruk, Dua Rumah Tertimpa Bongkahan di Cimahi

FT News – Tembok Penahan Tanah (TPT) di Bumi Cibogo Living, Leuwigajah, Cimahi Selatan, Cimahi, ambruk pada sekitar pukul 08.45 WIB, Senin (7/10). Akibat dari kejadian ini, dua rumah yang berada di bawahnya rusak parah karena tertimpa material TPT tersebut.

Longsor tersebut menimpa rumah milik Dimas dan Aep, di mana para penghuni sedang berada di dalam rumah tersebut.

Saat kejadian berlangsung, terdapat tiga bocah yang berada di dalam rumah. Mereka mendengar suara batu menggelinding dan dentuman keras yang juga disertai dinding rumah jebol akibat dihantam material TPT.

Longsor akibat jebolnya TPT di Cimahi. Foto: Tangkapan layar X

Akibatnya, ketiga bocah tersebut mengalami luka-luka akibat tertimpa material bangunan rumah dan TPT.

Perkiraannya, panjang TPT yang longsor mencapai 20 meter, di mana posisinya berada di lereng tebing setinggi 50 meter. Ketiga korban dari longosor TPT ini berhasil dievakuasi dan langsung ditujukan ke rumah sakit.

Camat Cimahi Selatan, Cepi Rustiawan, mengungkapkan bahwa TPT beserta material yang longsor tersebut milik kompleks Mandalika Residence.

“Jam 8.45 WIB, kami terima laporan ada longsor di RW 17, Cibogo. Berbatasan dengan RW 10, Cireundeu. Seperti terlihat, material longsornya menimpa dua rumah,” jelasnya ketika ditemui di lokasi kejadian, Senin (7/10).

Saat ini, masih belum ada penyebab pasti dari longsornya TPT. Namun, Cepi berasumsi bahwa hal ini dikarenakan turunnya hujan beberapa hari yang lalu, sehingga membuat permukaan tanah menjadi tidak stabli.

“Kemungkinan tanah jadi labil karena air hujan masuk ke rongganya. Kemudian terkena kondisi TPT ini juga pembangunannya kurang sesuai dengan posisi tegak lurus. Harusnya berundak-undak supaya aman,” jelasnya.

BACA JUGA:   Libur Panjang, Jasa Marga Prediksi 907.376 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Saat ini, ia menyuruh warga sekitar untuk mengungsi terlebih dahulu karena adanya ketakutan longsor susulan terjadi. Ditambah, saat ini hujan yang tidak menentu.

Cepi juga akan berkoordinasi dengan Pemkot Cimahi untuk mengetahui longsornya TPT. Juga, langkah selanjutnya terkait perumahan di atas bukit tersebut.

Artikel Terkait

Baim Wong Gugat Cerai Paula Verhoeven

Baim Wong benar-benar menggugat cerai Paula Verhoeven. Kabar ini...

Sejumlah Pengadilan Menunda Persidangan Akibat Cuti Massal Hakim

FT News – Hakim di sejumlah pengadilan memutuskan menunda...

Ngeri! Baru 6 Hari Menjabat Wali Kota di Meksiko Tewas Dipenggal

FT News - Kabar mengejutkan datang dari Amerika Tengah sana,...