RSU Haji Medan Bakal Naik Kelas, Warga Sumut Tak Perlu Lagi Berobat ke Luar Negeri

FTNews, Medan – Masyarakat Sumatera Utara (Sumut) diharapkan tidak lagi berobat ke luar negeri. Harapan tersebut disampaikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut yang saat ini akan membangun tower kedua Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Arief S Trinugroho mengemukakan, pembangunan tower kedua RS Haji menjadi salah satu upaya pelayanan di rumah sakit tersebut bisa ditingkatkan standar pelayanannya.

“Jadi kita akan menyamakan level pelayanan internasional. Dengan demikian rakyat Sumut yang selama ini jauh-jauh untuk mendapat pelayanan kesehatan, kini bisa mendapatkan pelayanan yang lebih baik di sini,” katanya seperti dikutip dari situs Pemprov Sumut, Kamis (14/12).

Pembangunan tower kedua RS Haji Sumut sendiri melibatkan investor asal Korea Selatan (Korsel) yang rencananya bakal dimulai tahun depan.

Lebih lanjut, Arief mengatakan bahwa pelayanan kesehatan merupakan salah satu prioritas dalam visi misi Gubernur Sumut, selain pendidikan. Sehingga pembangunan infrastruktur dan kelengkapan peralatannya juga diprioritaskan.

“Kita menginginkan masyarakat di Sumut tidak lagi berobat keluar negeri. Oleh sebab itu kami berusaha meningkatkan pelayanan Rumah Sakit Haji Medan yang kepemilikannya adalah pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSU Haji Medan Rehulina Ginting menyampaikan bahwa pembangunan tower-tower RSU Haji Medan merupakan bagian dari proyek jangka panjang.

Sebagai gambaran, pembangunan tower pertama RSU Haji Medan telah berdiri beberapa waktu lalu. Gedung tersebut terdiri dari sembilan lantai dengan jumlah kamar rawat inap mencapai 103 kamar dengan jumlah total tempat tidur sejumlah 174 bed.

Ruangan di tower pertama terdiri dari kamar rawat inap standar, VIP hingga VVIP. Selain itu, ada juga fasilitas hemodialisa atau cuci darah.

Proses awal pembangunan tower kedua RSU Haji Medan tersebut ditandai dengan kunjungan Project Officer Economic Development Cooperation Find (EDFC) Operation Departemen I Yeonhee Kim ke Kantor Gubernur Sumut.

BACA JUGA:   Ketum PB HMI Bagas Kurniawan Beri Pesan Penting ke Pengurus Badko HMI Sumut

Selain Sekdaprov dan Dirut RSU Haji, hadir dalam kesempatan itu, Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Effendi Pohan dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Sumatera Utara (Sumut) Hasmirizal Lubis.

Artikel Terkait