Sandiaga Uno Masuk Bursa Pilgub Jabar, Hartanya Hampir Rp8 T

FTNews – Nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Indonesia, Sandiaga Uno, menjadi ramai. Setelah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusulkan namanya untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Dengan latar belakangnya sebagai pebisnis, Sandiaga Uno berpotensi menjadi calon gubernur terkaya, di mana hartanya hampir menyentuh angka Rp8 triliun.

Sandiaga Uno sendiri pun merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia. Hal tersebut berkat bakatnya di dalam dunia bisnis. Ia menitikan kariernya sejak tahun 1990 silam. Ditambah lagi, ia juga memiliki guru yang merupakan seorang konglomerat, William Soeryadjaya.

Edwin Soeryadjaya (kiri) bersama dengan Sandiaga Uno (kanan). Foto: instagram/sandiuno

Tidak berhenti di situ saja, bersama putra dari William, Edwin Soeryadjaya, ia mendirikan sebuah perusahaan yang nantinya menjadi besar, yaitu PT Saratoga Investma Sedaya Tbk.. Hingga saat ini, Sandiaga Uno menjadi salah satu pemegang saham terbesar di perusahaan tersebut dengan memegang 21,51 persen.

Harta Sandiaga Uno

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), data hartanya Sandiaga Uno memiliki nilai yang sangat fantastis. Di mana hartanya berjumlah Rp7,97 triliun per tahun 2023.

Ia memiliki aset tanah dan bangunan di 19 lokasi yang bernilai Rp266,28 triliun. Bahkan, beberapa aset tersebut tidak berada di Indonesia, melainkan di luar negeri. Ia memiliki bangunan seluas 160 meter persegi di Singapura yang bernilai Rp7,5 miliar. Selain itu, Menparekraf ini juga memiliki dua buah bangunan di Amerika Serikat yang bernilai Rp15,61 miliar dan Rp33,21 miliar, serta sebuah tanah seluas 311 meter persegi yang bernilai Rp12,26 miliar.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam World Water Forum ke-10. Foto: Kemenparekraf

Namun, aset termahalnya bukanlah tanah dan bangunan yang berada di luar negeri. Melainkan sebuah tanah seluas 370 meter persegi di Jakarta Selatan yang senilai Rp35 miliar.

BACA JUGA:   Selain Dipecat, Perwira TNI Pembunuh Pasangan di Nagreg Divonis Penjara Seumur Hidup

Untuk alat transportasi dan mesin, Sandiaga Uno memiliki aset yang bertotalkan Rp1,27 miliar, yang terbagi ke dalam tiga buah kendaraan. Yaitu Nissan Grand Livina tahun 2013 yang senilai Rp95 juta, Toyota Corolla Cross tahun 2021 yang bernilai Rp480 juta, dan Hyundai Ioniq 2022 yang bernilai Rp700 juta.

Aset terbesar dari hartanya Sandiaga Uno dalam bentuk surat berharga, di mana ia memiliki surat-surat yang bernilai Rp6,45 triliun. Ia pun juga memiliki kas yang berjumlahkan Rp1,94 triliun. Selanjutnya, ia memiliki harta bergerak lainnya Rp11,22 miliar dan harta lainnya Rp87,91 miliar. Namun, ia juga memiliki hutan yang berjumlah Rp777,47 miliar.

Artikel Terkait