Seblak, Makanan Populer yang Bikin Jokowi Penasaran

FTNews – Belakangan seblak jadi salah satu kuliner ringan yang banyak anak muda minati. Olahan makanan dengan kuah medok, kental, merah pedas, gurih dengan beragam isian ini sangat mengoyang lidah.

Makanan ini pun rupanya membuat Presiden Joko Widodo penasaran. Dalam sebuah acara di Bekasi, Jumat (16/2) bersama mitra binaan Permodalan Nasional Madani (PNM), Jokowi sempat menanyakan ke salah satu penerima PNM, berusaha apa?

Ibu ini pun menjawab seblak. “Apa itu seblak?,” tanya Jokowi disambut riuh tawa mitra PNM.

“Makanan khas Jawa Barat pak. Sayur sayuran, bakso, sosis, kerupuk dijadiin satu, dicampur, dioseng gitu,” jawab Yulianti mitra PNM.

Yulianti di depan presiden mengaku mendapat pinjaman modal dari PNM Mekaar sebesar Rp5 juta. Ia menjual seblaknya seharga Rp8.000 per porsi. Omzetnya Rp200 ribu per hari dari berjualan seblak dan minuman dingin di rumahnya.

Dalam beberapa kesempatan putra sulung Jokowi yang juga Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka sempat memposting seblak di media sosialnya.

Usai debat cawapres yang panas, Wali Kota Solo ini sempat mencuit “Pengen Seblak”. Bahkan dalam kunjungan dan kampanyenya ke Jawa Barat ia pun sempat memposting makan seblak bersama sejumlah artis dan influencer.

Berbagai topping seblak. Foto: Istimewa

Khas Bandung

Seblak adalah salah satu makanan khas Sunda tepatnya Bandung. Makanan ini kini populer di kalangan luas. Makanan ini identik bercita rasa gurih pedas dengan rempah kencur.

Teksturnya kenyal dan rasanya yang unik membuat kuliner ini memiliki banyak penggemar. Dengan teksturnya yang kenyal ini seblak sangat nikmat kita santap saat masih hangat atau panas.

Seiring dengan perkembangannya seblak juga disajikan dengan berbagai bahan tambahan seperti telur, sosis, irisan sayur, bakso, seafood, dan lainnya.

BACA JUGA:   Wajib Tonton! Kim So Hyun Piawai Deteksi Kebohongan

Mengutip berbagai sumber, seblak bermula dari persediaan kerupuk yang melimpah di Bandung kala itu. Karena kerupuk lama menumpuk, sering kali dibuang begitu saja. Sehingga kemudian muncul berbagai ide dan kreasi untuk mengolah kerupuk lama hingga terciptalah seblak.

Seblak bukan termasuk resep kuliner legendaris khas Sunda, asal-usul seblak karena kreasi masyarakat Sunda yang senang bereksplorasi dengan bahan makanan berbahan tapioka.

Lihat saja berbagai makanan yang terbuat dari tapioka atau aci yang masih eksis hingga kini. Seperti cireng, cilok, cipuk, cimol, cibay, cipak dan masih banyak lagi.

Seblak dari kata Nyeblak dalam bahasa Sunda memiliki arti mengagetkan. Ada juga yang menyebut, seblak berasal dari kata ‘segak atau ‘nyegak’ yang artinya menyengat. Sesuai dengan karakter makanan ini menyengat karena pedas.

Artikel Terkait