Selama 9 Hari, KAI Divre I Sumut Berangkatkan 73.607 Pemudik Pulang ke Kampung Halaman
Sumatra Utara

Selama 9 hari mulai tanggal 21-29 Maret 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara memberangkatkan 73.607 penumpang. Puluhan ribu penumpang itu termasuk yang mengikuti program mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov Sumut.
"Dalam 9 hari mudik Lebaran 2025, yakni dari tanggal 21 Maret hingga 29 Maret 2025 pukul 24.00 WIB, KAI Divre I Sumut telah memberangkatkan sebanyak 73.607 penumpang," ujar Manager Humas KAI Divre I Sumut M. As'ad Habibuddin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (30/3/2025).
Dia merincikan, pemudik diberangkatkan dengan menumpang Kereta Api (KA) Putri Deli relasi Medan-Tanjung Balai PP (Pulang Pergi) sebanyak 34.139 orang, KA Sribilah Utama relasi Medan-Rantau Prapat PP sebanyak 24.505 penumpang, KA Siantar Ekspres relasi Medan-Siantar PP sebanyak 13.770 penumpang dan KA Datuk Belambangan relasi Tebing Tinggi-Lalang PP sebanyak 1.145 penumpang.
Baca Juga: 5 Jalur Kereta Terindah di Eropa, Salah Satunya Mirip Lintasan Rel Jakarta-Bandung
"Selama periode tersebut, 3 stasiun dengan jumlah keberangkatan penumpang tertinggi adalah Stasiun Medan dengan 33.079 penumpang, disusul Stasiun Kisaran sebanyak 6.825 penumpang dan Stasiun Rantau Prapat mencatat 6.400 penumpang," tandas As'ad.
Sementara itu, 3 stasiun kedatangan dengan volume penumpang tertinggi yaitu Stasiun Medan sebanyak 23.241 penumpang, Stasiun Rantau Prapat sebanyak 10.210 penumpang dan Stasiun Tanjung Balai sebanyak 8.665 penumpang.
As’ad mengatakan, angka ini mencerminkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api sebagai pilihan utama dalam perjalanan mudik.
Baca Juga: Jelang Pengoperasian KA Cepat Jakarta-Bandung, KCIC Sosialisasi ke Warga
KAI menetapkan masa angkutan Lebaran yaitu pada 21 Maret sampai 11 April 2025. Pada 30 Maret 2025 pukul 10.00 WIB, tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual pada masa angkutan Lebaran mencapai 115.752 tiket atau 66% dari total kapasitas yang telah disediakan sebanyak 175.912 tiket.
Rinciannya yaitu KA Putri Deli relasi Medan-Tanjung Balai PP sebanyak 77.744 tiket dan KA Sribilah Utama relasi Medan-Rantau Prapat PP sebanyak 38.008 tiket.
”Kami berharap agar calon penumpang menyediakan waktu yang cukup untuk perjalanan menuju stasiun keberangkatan, agar tidak terlambat," kata As’ad.
As’ad mengimbau kepada calon penumpang, khususnya keberangkatan Stasiun Medan untuk menggunakan layanan Face Recognition Boarding Gate. Keunggulannya, penumpang tidak perlu lagi menunjukkan tiket dan ID card. Sehingga proses boarding lebih cepat dan praktis.
KAI Divre I Sumut juga telah memasang Free Water Station di Stasiun Medan dan Tebing Tinggi. Penumpang cukup membawa tumbler dan mengisi ulang air secara gratis. Penyediaan Face Recognition Boarding Gate dan free water station ini sebagai upaya KAI Divre I Sumut menuju program tujuan pembangunan berkelanjutan / SDG's.
Untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang, KAI Sumut menambah 61.688 tempat duduk selama masa angkutan lebaran 2025. Yakni untuk penambahan 2 perjalanan KA Sribilah Utama Fakultatif relasi Medan-Rantau Prapat PP setiap hari.
Serta penambahan rangkaian di setiap perjalanan KA Sribilah Utama reguler relasi Medan-Rantau Prapat PP (1 kereta eksekutif + 1 kereta bisnis), KA Putri Deli relasi Medan-Tanjung Balai PP (1 kereta ekonomi) dan KA Siantar Ekspres relasi Medan-Siantar PP (1 kereta ekonomi).