Sempat Ranking 19, Kini Jateng Bercokol di Urutan 6 PON XXI

FTNews, Semarang— Sempat bertengger di ranking 19, kini Jawa Tengah bercokol di urutan ke 6 PON XXI Aceh-Sumut dengan raihan23 emas, 27 perak 54 perunggu. Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana meyakini peluang daerahnya meningkatkan peringat PON masih terbuka lebar.

Secara peringkat sebenarnya capaian Jateng saat ini sudah sama dengan klasemen akhir PON XX Papua 2021. Kala itu Jateng bercokol di peringkat 6 dengan 27 emas 47 perak dan 64 perunggu.

Alhamdulillah, saat ini Jawa Tengah berada di peringkat ke 6, di bawah tuan rumah Sumatra Utara dan Aceh,” ucap Nana, di kantornya, dikutip dari keterangan Humas Jateng.

Dia mengatakan, ajang olahraga tingkat nasional itu memang menjadi pertaruhan bagi para atlet di setiap provinsi, untuk menunjukkan tajinya. “Persaingan memang cukup ketat. Pertandingan yang dilaksanakan ini betul-betul ketat,” ujarnya.

Nana pun terus menggelorakan semangat para atlet yang masih bertanding, agar mampu memperbaiki peringkat perolehan medali. “Kami tetap yakin, dan terus kami gelorakan semangat kejuangan kepada seluruh atlet Jawa Tengah,” ujarnya.

Nana mengakui sejak dibuka secara resmi pada 9 September 2024 oleh Presiden RI Joko Widodo, perolehan medali Jawa Tengah memang cukup tersendat. Kendati demikian, dalam kurun waktu beberapa hari, perolehan medali terus mengalami peningkatan.

Ia optimistis, hingga berakhirnya PON XXI Aceh-Sumut pada 20 September mendatang, Jateng mempu menaikkan klasemen. “Mereka berjuang demi nama baik Jawa Tengah. Kami harapkan semoga mampu minimal menaikkan peringkat,” tegasnya. ***

 

Artikel Terkait