Siapa yang Layak Jadi Menteri di Pemerintahan Prabowo Subianto? Ini Kriterianya

FT News – Prabowo Subianto pada 20 Oktober 2024 akan dilantik menjadi presiden terpilih Pilpres 2024. Mendekati pemerintahan baru Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, publik tentu penasaran siapa-siapa yang akan menjadi menteri.

Belakangan cukup banyak beredar daftar calon menteri pemerintahan Prabowo, meski kemudian hal itu dibantah oleh partai Gerindra.

Nah terkait hal ini, Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Amzar Simanjuntak, mengungkapkan terdapat tiga kriteria bagi calon menteri yang akan duduk di kabinet pemerintahan Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Foto: Antara

 

Apa saja kriteria itu? Dahnil bilang pertama, calon menteri dalam kabinet harus memiliki integritas, seiring dengan komitmen Prabowo yang ingin memberantas korupsi.

Kedua, harus memiliki kompetensi. Menurut Dahnil, sejak awal Prabowo ingin membentuk kabinet zaken atau kabinet menteri yang mengurus berbagai hal spesifik dalam pemerintahan, sehingga calon menteri Prabowo nantinya harus memiliki kompetensi.

Selanjutnya kriteria ketiga, yaitu harus loyal. Dia menyebutkan loyalitas penting bagi Prabowo, karena Ketua Umum Partai Gerindra tersebut ingin memastikan kapten dalam koalisi pemerintahan merupakan Prabowo.

“Dengan Pak Prabowo sebagai panglima, mereka yang menjadi menteri Pak Prabowo harus tegak lurus dengan berbagai agenda pembangunan yang sudah dibuat Pak Prabowo,” ucapnya dikutip dari Antara.

 

Menariknya, Dahnil tak menepis jika Prabowo saat ini sudah mengantongi sejumlah nama yang bakal menjadi calon menteri. Siapa saja mereka? Kata Dahnil, Prabowo masih mempertimbangkan semua nama nama itu, baik yang diusulkan oleh partai politik maupun yang diusulkan oleh kelompok lain seperti organisasi kemasyarakatan (ormas), kelompok profesi, dan sebagainya.

Artikel Terkait