Simak! Lima Sayuran Ini Dapat Meredakan Nyeri Saat Haid

FTNews – Menstruasi yang dialami wanita setiap bulannya dapat menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari. Nyeri haid yang tidak tertahankan, sakit kepala, mual, kembung, sakit pinggul, punggung, hingga sakit payudara dapat menyebabkan perubahan mood yang drastis.

Faktor pemicu terjadinya nyeri saat menstruasi ini berbagai macam. Mulai dari jarang berolahraga, hormon yang tidak seimbang, stres berkepanjangan, hingga konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat.

Untuk mengatasi rasa sakit tersebut, wanita perlu melakukan beberapa hal diantaranya yakni olahraga hingga konsumsi sayuran yang memiliki kandungan zat besi tinggi. Pasalnya saat darah keluar ini tubuh mengalami kekurangan zat besi.

Berikut lima sayuran yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi menurut berbagai sumber yang telah dirangkum FTNews:

1.Bayam

ilustrasi sayur bayam (Foto: pinterest)

Sayur bayam dapat meredakan rasa sakit menstruasi. Bayam mengandung magnesium yang bisa dikonsumsi untuk obat sakit perut saat haid. Satu mangkuk sayur bayam mengandung 80 miligram magnesium.

Bayam juga mengandung tinggi zat besi. Hal ini dapat memenuhi asupan hemoglobin tubuh sehingga tidak menimbulkan kekurangan darah saat haid.

2.Brokoli

ilustrasi sayur brokoli (Foto: pinterest)

Sayuran brokoli juga bisa menjadi alternatif yang tepat untuk membantu menghilangkan nyeri haid. Terdapat beberapa nutrisi didalamnya seperti vitamin A, C, B6, dan E, serta kalsium, kalium, dan magnesium.

Brokoli merupakan sumber serat makanan yang baik, dapat membantu mengatur kadar estrogen, serta menstabilkan sistem pencernaan.

3.Kangkung

ilustrasi sayur kangkung (Foto: pinterest)

Sayur kangkung kaya akan zat besi, vitamin C, dan kalsium untuk kesehatan menstruasi. Hal ini dapat membantu melancarkan darah haid, mengurangi kram perut, dan mencegah anemia.

4.Sawi

Ilustrasi sayur sawi (Foto: pinterest)

Sayuran sawi kaya akan vitamin A, B, C, E, dan vitamin K. Sawi memiliki kandungan gizi yang tinggi. Sayuran ini memiliki kandungan serat, vitamin, fitonutrien, dan mineral yang dapat meredakan rasa sakit menstruasi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. juga mengandung senyawa glukosinolat yang dikaitkan dengan efek antikanker.

BACA JUGA:   Gibran Rakabuming Raka Gunakan Jersey Bernama 'Samsul', Apa Artinya?

5.Kale

sayur kale (Foto: pinterest)

Sayuran kale merupakan makanan yang baik untuk melancarkan haid. Sayuran kale memiliki kandungan magnesium yang tinggi.

Kale mengandung kaya akan serat dan antioksidan, dapat mengurangi peradangan dan memperbaiki kerusakan sel-sel dalam rahim, serta menjaga siklus haid tetap teratur.

Artikel Terkait

RAN Rilis Rahasia #1 dan Rahasia #2

FT News - Trio pop asal Jakarta, RAN merilis...

Manajer Ungkap Kondisi Ruri Repvblik Pasca Kecelakaan Moge di Ciamis

FT News - Ruri Repvblik baru saja mengalami kecelakaan...

Breaking News! Ruri Repvblik Kecelakaan di Ciamis, Kondisi Moge Ringsek

FT News - Ruri Repvblik mengalami kecelakaan motor. Peristiwa...

Sempat Hilang bak Ditelan Bumi, Senyum Kaesang Pangarep Saat Asyik Main Bola

FT News - Kaesang Pangarep sempat dicari Komisi Pemberantasan...