Skenario Sambo atas Pembunuhan Brigadir J Hingga Tragedi Kanjuruhan Warnai Medio 2022

Forumterkininews.id, Jakarta – Beberapa kasus hukum di pertengahan hingga akhir tahun 2022 mewarnai pemberitaan media massa. Diantaranya yang turut menjadi perhatian publik dan mewarnai pemberitaan media massa di tanah air. Forumterkininews.id menentukan dan merangkum sejumlah kasus hukum yang menyita perhatian publik Juli hingga November 2022.

Salah satunya, kasus penggelapan dana yang dilakukan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT), dan kasus polisi tembak polisi yang ternyata hal itu merupakan skenario yang dibuat mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambbo

Juli : Kasus Polisi Tembak Polisi di Duren Tiga

Pada Juli 2022, publik dikagetkan dengan kasus anggota polisi tembak polisi yang terjadi di rumah dinas Komplek Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, yang ternyata hal tersebut merupakan skenario yang dibuat oleh Ferdy Sambo.

Selengkapnya http://ftnews.co.id/aksi-saling-tembak-sesama-polisi-terjadi-di-rumah-dinas-pejabat-polri-duren-tiga/

Agustus : Kasus Penggelapan Dana Umat yang Dilakukan ACT

Kemudian pada Agustus 2022, Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri terus melakukan penelusuran terkait penyalahgunaan dana umat yang dilakukan petinggi Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Terbaru, jajaran yang dipimpin Brigjen Pol Whisnu Hermawan ini mengungkap aliran dana Rp10 miliar dari Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Dana ini dialirkan ke Koperasi Syariah 212. Dari keterangan yang didapat uang ini digunakan untuk pembayaran utang.

“Pembayaran utang salah satu perusahaan afiliasi ACT, Rp10 miliar bersumber dari dana sosial Boeing,” ujar Kasubdit IV Dittipideksus Bareskrim Polri, Kombes Pol Andri Sudarmaji saat dikonfirmasi, Rabu (3/8).

Selengkapnya http://ftnews.co.id/mabes-polri-temukan-aliran-dana-dari-act-ke-koperasi-syariah-212-rp10-miliar/

Kasus Peretasan Bjorka 

Masih di bulan September 2022, peretas Bjorka menyebut klaim pemerintah yang mengatakan terlah mendapatkan identitasnya hanyalah omong kosong. Hal tersebut dipastikan tidak benar.

“Itu sepenuhnya omong kosong. Pemerintah Indonesia merasa telah mengidentifikasi saya berdasarkan misinformasi dari Dark Tracer. Dimana Dark Tracer memberikan layanan palsu kepada pemerintah Indonesia. Mungkin anak ini sekarang telah ditangkap dan diinterogasi oleh pemerintah Indonesia,” tulisnya di situs Breached.to, Kamis (15/9).

Bersama dengan komentarnya, Bjorka juga mengunggah tangkapan layar penelusuran Dark Tracer ke identitasnya yang merujuk pada seorang pemuda bernama Mohamad Agung.

Selengkapnya http://ftnews.co.id/setelah-minta-ditangkap-bjorka-kembali-pecundangi-pemerintah-indonesia/

Oktober :  Kasus Korupsi Jerat Wanita Emas Hingga Tragedi Kanjuruhan

Pada Oktober 2022, dunia hukum digemparkan dengan kasus dugaan korupsi yang menjerat Hasnaeni (H) atau yang biasa dikenal dengan wanita emas. Pada waktu tersangka Wanita emas ini tidak kooperatif menjalani proses hukum pemeriksaan.

Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Hasnaeni (H) selaku Direktur Utama PT Misi Mulia Metrikal sebagai tersangka dalam perkara dugaan korupsi penyimpangan dan atau penyelewengan dalam penggunaan dana PT Waskita Beton Precast pada tahun 2016 sampai dengan 2020.

Berdasarkan informasi, Hasnaeni sempat dijemput paksa petugas untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi tersebut. Dia tiba siang tadi di Gedung Bundar Jampidsus Kejagung, Jakarta Selatan.

Tersangka yang disebut wanita emas ini masuk sekitar pukul 15.20 WIB. Kemudian keluar mengenakan rompi tahanan kejaksaan didorong kursi roda. Namun saat hendak dimasukkan ke dalam mobil tahanan, dia meronta dan berteriak histeris.

BACA JUGA:   JPU Bakal Hadirkan Saksi Ahli Rumah Sakit Saat Sidang Mario Dandy Cs

Selengkapnya http://ftnews.co.id/jadi-tersangka-korupsi-waskita-beton-hasnaeni-histeris-di-kursi-roda/

Tragedi Stadion Kanjuruhan

Pada awal Oktober 2022, terjadi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menewaskan 135 orang. Kericuhan terjadi usai pertandingan Derbi Super Jatim Arema FC melawan Persebaya Surabaya. Pertandingan ini berakhir dengan skor akhir 2-3 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu malam.

Kericuhan tersebut bermula saat ribuan suporter Aremania merangsek masuk ke area lapangan setelah Arema FC kalah. Pemain Persebaya langsung meninggalkan lapangan.

Sementara di Stadion Kanjuruhan menggunakan empat mobil Polri, barracuda. Kemudian beberapa pemain Arema FC yang masih di lapangan lantas diserbu pemain.

Kerusuhan tersebut makin besar dimana sejumlah flare dilemparkan termasuk benda-benda lainnya. Petugas keamanan gabungan dari kepolisian dan TNI berusaha menghalau para suporter tersebut.

Selengkapnya http://ftnews.co.id/ini-penyebab-kericuhan-di-stadion-kanjuruhan/

November: Sidang Ferdy Sambo Dkk Hingga Kasus Irjen Teddy Minahasa  

Pada November 2022, media massa masih difokuskan mengawal kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J yang menjerat eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.

Sidang lanjutan perkara pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat dan perkara perintangan penyelidikan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan ditunda satu Minggu. Penundaan ini dilakukan untuk menjaga kondusivitas pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Government 20 (KTT G20).

Penundaan sidang diketahui merupakan permohonan jaksa demi menjaga kondusivitas selama pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi G20.

“Dengan alasan menjaga kondusivitas keamanan selama forum G20 di Bali,” mengutip siaran pers Humas PN Jakarta Selatan, Jumat (11/11).

Dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J, menjerat terdakwa Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Kuat Maruf, Richard Eliezer (Bharada E), Ricky Rizal.

Kemudian sidang kasus perintangan penyidikan atau obstruction of justice penanganan kasus pembunuhan Brigadir J. Dimana dalam hal ini terdakwanya yakni Hendra Kurniawan, Chuck Putranto, Arif Rahman Arifin, Baiquni Wibowo dan Agus Nurpatria juga turut ditunda.

Selengkapnya http://ftnews.co.id/ini-alasan-pn-jaksel-tunda-sidang-ferdy-sambo-selama-sepekan/

Desember : Aksi Bom Bunuh Diri di Mapolsek Astanaanyar Bandung

Pada akhir tahun 2022, tepatnya Desember, sebuah peristiwa aksi bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar yang dilakukan terduga teroris Jamaah Anshorut Daulah (JAD).

Dalam peristiwa bom bunuh diri tersebut, satu orang anggota polisi tewas akibat aksi bom bunuh diri yang terjadi di Kantor Polsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Rabu (7/12) sekitar pukul 08.30 WIB.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan membenarkan adanya anggota yang tewas akibat insiden ini.

“Update korban peristiwa bom bunuh diri TKP Polsek Astanaanyar dari anggota Polri, 1 orang meninggal dunia,” ucap Ahmad Ramadhan, saat diminta keterangan, Rabu (7/12).

Lebih lanjut ia mengatakan dalam insiden ini juga terdapat tujuh anggota polisi yang mengalami luka-luka.

“Terdapat juga 3 anggota mengalami luka ringan, dan 4 anggota mengalami luka berat,” kata Ramadhan.

Selain itu dalam insiden bom bunuh diri ini terdapat satu orang masyarakat sipil mengalami luka ringan.

Selengkapnya http://ftnews.co.id/update-bom-bunuh-diri-di-polsek-astanaanyar-satu-polisi-tewas-7-luka-luka/

Artikel Terkait