Sopir dan Kenek Bus Kecelakaan di Subang Bakal Diperiksa

FTNews – Polisi masih mendalami kecelakaan bus yang menewaskan sebelas orang di wilayah Subang, Jawa Barat. Bus ini diketahui membawa rombongan SMK Lingga Kencana Depok, pada Sabtu (11/5).

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Barat, Kombes Pol Wibowo mengatakan pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap sopir dan kenek bus. Hal ini untuk mengusut kronologi dan penyebab kecelakaan.

“Tentu kedepan kita sudah punya rencana penyelidikan langkah-langkah yang kita lakukan. Kita akan periksa nanti sopir dan kenek bus,” kata Wibowo, kepada wartawan, pada Senin (13/5).

Lebih lanjut ia mengatakan saat ini sopir bus belum dilakukan pemeriksaan. Pasalnya yang bersangkutan masih mengalami luka berat dan dirawat di rumah sakit.

“Untuk supir kan dia sakdi kunci, sementara belum kita periksa, kita baru minta keterangan secara lisan saja. (Belum kita periksa) karena masih dalam kondisi luka dan saat ini masih dalam perawatan medis,” ucap Wibowo.

Sementara itu kenek bus tersebut yang juga merupakan saksi kunci dalam proses pemeriksaan oleh tim penyidik Polres Subang. Namun ia belum dapat menjelaskan secara detail hasil pemeriksaan tersebut.

“Kenek sudah kita temukan juga kita sudah amankan juga. Nanti kita juga akan minta keterangan saksi ahli pidana dan juga koordinasi dengan kejaksaan termasuk juga dengan Dishub dan Balai Pengelola Transportasi Darat terkait spesifikasi jenis kendaraannya,” jelas Wibowo.

Sebelumnya diberitakan, Tragedi kecelakaan tergulingnya bus wisata yang menewaskan 11 orang rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok di jalan raya Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat, Sabtu (11/5/2024) ditanggapi dengan luka kedukaan mendalam oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan.

Dalam kunjungannya ke tempat kejadian perkara Irjen Pol Aan Suhanan menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas kecelakaan yang dialami oleh rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok yang sedang berwisata tersebut.

BACA JUGA:   Polisi: Tidak ada Penggunaan Peluru Tajam dalam Pengamanan Demo

”Kita menyampaikan prihatin dari kepolisian menyampaikan prihatin atas kejadian ini dan kita menyampaikan berduka cita terhadap keluarga korban yang meninggal dunia,” jelasnya, dilansir korlantas.polri.go.id

Sementara itu polisi masih melakukan olah TKP untuk mengumpulkan barang bukti dan mencari penyebab terjadinya kecelakaan  hingga terguling dan menelan banyak korban.

”Kita sedang olah TKP sedang melakukan penyelidikan tentu nanti hasil penyelidikan akan ditindak lanjuti dengan gelar perkara dan akan melanjutkan untuk menentukan itu dilanjutkan atau tidak Ya semua sedang berproses kemungkinan ya bisa jadi tersangka itu bisa saja ya nanti tergantung hasil penyelidikan maupun oleh TKP di lapangan” jelas Kakorlantas Polri.

Polisi belum menentukan tersangka penyebab kecelakaan nahas tersebut dan masih mengadakan penyidikan dan penyelidikan terhadap sopir bus, pengusaha juga para saksi-saksi mata saat kejadian.

Sedangkan korban tewas dan luka-luka hingga hari ini sduah dipindahkan ke Depok tempat lokasi para korban berasal dan untuk korban luka-luka masih dirawat intenif di Subang Jawa Barat.

Artikel Terkait