Staf Terawan Minta Polisi Usut Pengunggah Video Muktamar IDI

Forumterkininews.id, Jakarta – Video rekomendasi sidang khusus Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) mengenai pemecatan dr Terawan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) beredar di media sosial Jumat (24/3) lalu. Salah satunya diunggah akun Twitter Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Pandu Riono @drpriono1.

Hal ini membuat Staf Terawan Agus Putranto yakni Jajang Edy Prayitno mengecam perbuatan yang menyebarluaskan video itu. Dirinya meminta polisi mengusut pengunggah video acara Muktamar IDI Ke-31 yang digelar di Aceh pekan lalu. Video yang dimaksud yaitu saat rekomendasi pemecatan Terawan dibacakan.

Jajang mengatakan, seharusnya sidang khusus Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) dan pengurus IDI itu digelar tertutup. Ia menduga ada unsur kesengajaan dengan tujuan mencoreng nama baik Terawan lewat unggahan video berdurasi 01.31 menit yang kemudian viral itu.

“Kami minta polisi segera mengusut dan menggali motif unggahan video tersebut. Pasalnya menimbulkan keonaran terkait kasus ini. Termasuk apakah ada motif untuk mencoreng dan mencemarkan nama baik dokter Terawan,” kata Jajang Kamis (31/3).

Jajang juga mendesak kepolisian agar memeriksa anggota IDI yang ikut mengunggah video melalui sosial media. Sejauh ini, Jajang mengaku belum membuat laporan ke polisi.

“Untuk itu sekali lagi diharapkan agar pihak kepolisian segera mengusut tuntas penyebaran video tersebut dan menangkap pelakunya yang telah menimbulkan keonaran dan kegaduhan di masyarakat, serta telah mencemarkan nama baik dokter Terawan Agus Putranto,” kata Jajang.

Artikel Terkait