“Strawberry”, Proyek Rahasia OpenAI Bikin AI Secerdas Profesor

FTNews – Open AI dikabarkan tengah mengembangkan teknologi untuk menjawab pertanyaan sains dan matematika yang rumit, seperti profesor. Proyek rahasia OpenAI ini diberi nama “Strawberry”.

Laporan ini dibocorkan oleh Reuters, namun mereka tidak dapat memastikan tanggal pasti dokumen tersebut.

Selain menjawab pertanyaan sains dan matematika, proyek ini juga direncanakan memiliki keahlian peramban internet secara mandiri. Lalu, melakukan “penelitian mendalam”, kata laporan tersebut.

Proyek Rahasia OpenAI
Foto: Euronews

Menanggapi proyek rahasia, perusahaan menjawab bahwa model kecerdasan buatannya diinginkan dapat memahami dan bernalar layaknya manusia.

“Riset berkelanjutan terhadap kapabilitas AI baru merupakan praktik umum dalam industri ini, dengan keyakinan bersama bahwa sistem ini akan meningkatkan penalaran dari waktu ke waktu.” kata OpenAI, dikutip Reuters.

Namun pernyataan ini tidak menjawab soal Proyek rahasia OpenAI Starberry. Proyek ini sebelumnya bernama Q* (Q Star) yang telah memungkinkan menjawab pertanyaan soal sains dan matematika.

OpenAI telah menguji AI secara internal yang memperoleh skor lebih dari 90% pada kumpulan data MATH, tolok ukur soal matematika tingkat tinggi.

Artikel Terkait