Sudan Memanas, DPR Minta Kemlu Selamatkan WNI

Forumterkininews.id, Jakarta – Sudan dalam kondisi yang genting. Pemerintah segera mengambil langkah-langkah taktis untuk memastikan keamanan dan keselamatan seluruh warga negara Indonesia (WNI).

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (18/4).

“Dengan perkembangan situasi yang masih tidak menentu serta skala konflik yang mungkin bisa meluas,” kata Sukamta.

“Saya berharap Pemerintah segera menyusun beberapa skenario untuk pengamanan dan penyelamatan WNI,” tambahnya.

Skenario untuk mengevakuasi WNI di Sudan itu juga perlu dibuat apabila kondisi semakin memburuk.

Selain itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Khartoum perlu memastikan suplai makanan tetap terjaga di tengah posisi mahasiswa Indonesia tertahan di asrama di Sudan.

“Kami mengapresiasi Kemlu yang telah melakukan koordinasi dengan KBRI dan melakukan upaya pengamanan WNI di Sudan,” kata Sukamta.

Dia juga meminta KBRI Khartoum terus memantau secara intensif kondisi WNI di Sudan. Termasuk mengantisipasi jalur komunikasi tetap tersambung mengingat adanya rencana pemutusan sambungan internet di Sudan.

Sukamta berharap situasi di Sudan segera kondusif dan kembali aman. Dia pun meminta semua WNI dan mahasiswa di Sudan terus menjaga kontak dengan KBRI Khartoum. Serta saling membantu dan menjaga ketenangan.

“Tentu ini bukan situasi yang mudah, tapi saya percaya langkah-langkah pengamanan dan penyelamatan bisa dilalukan dengan baik, sebagaimana pengalaman Kemlu mengevakuasi WNI di Ukraina,” jelasnya.

Pertempuran pecah antara tentara Sudan dan pasukan paramiliter RSF di ibu kota Sudan, Khartoum, Sabtu pagi (15/4), waktu setempat karena perebutan kekuasaan.

Menurut KBRI Khartoum, terdapat sekitar 1.209 WNI yang menetap di Sudan.

Artikel Terkait