Tahap Awal, Kementerian PUPR akan Bangun 2500 Unit Hunian di Kawasan IKN

Forumterkininews.id, Jakarta- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun 2.500 unit hunian di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur. Hunian ini disediakan bagi aparatur sipil negara dan TNI-Polri.

“Dalam rapat koordinasi PUPR menyampaikan kesiapannya membangun 2.500 unit hunian. Hunian ini untuk pemindahan ASN dan anggota TNI-Polri tahap awal di kawasan IKN,” kata Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Febru Calvin Tetelepta di Jakarta, Kamis (3/2).

Febry menyebut jumlah unit yang akan dibangun belum sebanding dengan jumlah ASN yang dipindahkan ke Nusantara.

“Pembiayaan PUPR hanya cukup untuk 2.500 hunian. Sedangkan pemindahan ASN termasuk TNI-Polri tahap awal tujuh ribu lebih,” kata dia.

Feby mengatakan, pembiayaan tidak akan menjadi hambatan. Pemerintah tengah merumuskan skema pembiayaan lain. Salah satunya melalui kerja sama pemerintah dan badan usaha ataupun dengan pemberdayaan peran swasta dan BUMN.

Menurut data Bappenas, kata Febry, rencana jumlah ASN dan anggota TNI/Polri yang bakal dipindahkan ke IKN tahap awal sebanyak 7.687 orang. Terbagi 1.971 ASN dan 5.716 TNI/Polri termasuk Paspampres, BIN, dan jajaran lainnya.

“Jumlah itu masih belum final ya, karena belum ada keputusan secara resmi. KSP akan mendorong agar segera ada ketetapan. Karena ini nanti juga menyangkut pembagian berapa yang berkantor di sharing office berapa yang tersebar,” kata dia.

 

Artikel Terkait