Tekan Polusi Udara, 52 Bus Listrik Transjakarta Dioperasikan

Forumterkininews.id, Jakarta – Untuk menekan polusi udara di DKI Jakarta, PT TransJakarta telah mengoperasikan 52 unit bus listrik.

Direktur Operasi dan Keselamatan TransJakarta Daud Joseph menuturkan, sebanyak 52 bus TransJakarta sudah beroperasi setelah memenuhi standar keselamatan.

“Jumlah bus listrik yang sudah selesai kita uji coba dan memenuhi standar itu ada empat pabrikan. Saat ini yang sudah mengaspal di rute TransJakarta sudah ada 52 bus,” tutur Daud Joseph di Halte TransJakarta CSW, Jakarta Selatan, mengutip Antara Rabu (23/8).

Pihaknya masih memantau emisi dari bus TransJakarta. Ini sebagai upaya mendukung kampanye Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam mengurangi polusi udara di Ibu Kota. 

“Bus listrik ini beroperasi di tiga rute, yang kita khususkan di satu wilayah di Jakarta Selatan untuk kita pantau emisi yang dikeluarkan, apakah sudah bisa berkontribusi untuk menurunkan emisi di Jakarta,” ujar Daud.

Terdapat tiga rute di Jakarta selatan yang menggunakan bus listrik, yakni UI – Lebak Bulus, Kampung Rambutan – Lebak Bulus, dan Pondok Labu – Blok M.

Rute UI – Lebak Bulus dalam satu hari melayani 8000 pelanggan. Selanjutnya, rute Kampung Rambutan – Lebak Bulus juga menarik antusiasme pengguna. Ini lantaran banyak gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan di sekitar Tb Simatupang.

“Rute ketiga, 1E dari pondok labu ke blok M. Rute ini sangat strategis, karena di Fatmawati itu banyak pemukiman penduduk dan di daerah blok M sendiri adalah pusat perbelanjaan, simpul transportasi ke rute lainnya.” katanya.

 

Artikel Terkait