Teknologi Canggih Di Balik Toilet Pesawat

FTNews -  Dengan tampilan mirip seperti toilet di rumah, agaknya kita menganggap toilet pesawat sama hal dengan di rumah. Ternyata, ada teknologi canggih yang menungkinkan orang buang hajat dengan aman di ketinggian.

Tugas biasa yang sering lakukan di rumah, mulai dari memanaskan air hingga menggunakan toilet, rupanya menghadirkan tingkat kesulitan baru karena masalah keselamatan.

Al St. Germain, konsultan penerbangan mengatakan, aktivitas paling biasa dilakukan di darat akan dua kali lebih sulit dikerjakan di udara.

Pada toilet pesawat, air tidak digunakan untuk membilas, karena pembatasan berat pesawat, belum lagi air akan keluar saat terjadi turbulensi. Untungnya, para ilmuwan menemukan bahwa udara bisa mendorong kotoran di toilet pesawat.

Ketika pengguna toilet menekan tombol, sebuah katup terbuka di mangkuk yang menghubungkan ke pipa bertekanan. Cara ini dapat menyedot isi mangkuk seperti menyedot debu, oleh karena itu alat ini disebut tolilet vakum.

Efek hisap ini disebabkan oleh perbedaan tekanan alami antara kabin dan atmosfer luar yang dihasilkan saat pesawat naik ke angkasa. Selanjutnya, kotoran akan tersimpan dalam tangki sampah bertekanan.

Tangki penyimpanan umumnya terletak di bagian belakang dan depan pesawat. Kotoran tersebut dikosongkan ke dalam pembuangan sampah khusus ketika pesawat sudah mendarat di bandara.

Meski mekanismenya mungkin tampak aneh, toilet vakum memiliki keunggulan. Pipa untuk toilet pesawat dibuat lebih sempit dan memiliki kemampuan untuk menyiram ke segala arah karena toilet ini tidak bergantung gravitasi dan toilet tersebut menyiram dengan sedikit air, membuatnya ramah lingkungan.

Toilet vakum rata-rata menggunakan setengah galon atau kurang daripada 1,3 galon untuk toilet hemat air, serta lebih hemat hingga 5 galon (19 liter) untuk toilet yang lebih tua.

BACA JUGA:   Mahfud Tegaskan SATRIA-1 Tidak Terkait Kasus BTS 4G

Mangkuknya seluruhnya dilapisi teflon sehingga semuanya langsung meluncur dan pengguna tak perlu menggunakan sikat toilet. Meski begitu, kelemahannya, toilet pesawat sering tersumbat, karena banyak penumpang membuang popok dan barang lain ke dalamnya.

Artikel Terkait

Live Streaming di Indonesia, Youtuber IShowSpeed Sampai Dibikin Nangis!

FT News - Seorang Youtuber asal Amerika Serikat (AS), IShowSpeed,...

Respon Polos Orang Indonesia saat Bertemu Youtuber Speed: Dia Siapa?

FT News - Youtuber Speed atau IShowSpeed sedang berkunjung...

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...