Tertibkan Jukir Liar, Pemprov DKI Bentuk Tim Gabungan

FTNews- Guna menertibkan juru parkir (jukir) liar yang meresahkan masyarakat,
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memilih opsi untuk membentuk tim gabungan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, tim gabungan tersebut bakal menggandeng TNI-Polri dan Kejaksaan.

“Tim Lintas Jaya sendiri terdiri dari unsur Dinas Perhubungan, kemudian rekan-rekan kepolisian dan TNI. Lalu akan ada tambahan dari Satpol PP dan juga dari Pengadilan Negeri dan juga Kejaksaan,” ujar Syafrin dalam keterangannya, Selasa (14/5).

Ia berharap, tim gabungan ini dapat memberikan efek jera pada jukir yang masih terus berkeliaran.

“Selain itu, kami harapkan pembinaan yang selama ini berlangsung secara persuasif, bisa ada tindak lanjut dengan pemberian sanksi seperti tindak pidana ringan,”tegasnya.

Untuk jadwal pelaksanaan, Syafrin menyebut pihaknya akan membahasnya pekan ini.

“Pekan ini kita (tim gabungan) akan sepakati jadwalnya. Karena ini seluruh instansi, setelah itu baru kita sampaikan jadwal pelaksanaannya,”paparnya.

Jukir Liar di Minimarket

Sebelumnya, Syafrin menegaskan, pihaknya bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI akan terus menertibkan juru parkir liar di minimarket.

“Kami berkoordinasi dengan Satpol PP DKI. Untuk penanganan terkait dengan adanya oknum-oknum yang memanfaatkan parkir berbayar di minimarket,”ucap Syafrin baru-baru ini.

Munculnya juru parkir liar ini, lanjutnya, adalah karena adanya peluang lahan parkir.

“Begitu ada petugas melakukan pengawasan, mereka minggir. Tapi begitu petugasnya hilang, datang lagi melakukan pengaturan,” tuturnya.

Terkait langkah lebih lanjut, ia mengatakan pihaknya bersama jajaran Pemprov DKI jakarta akan berdiskusi. Guna mengambil langkah tegas dan tindakan untuk juru parkir liar tersebut.

Sebelumnya, ramai di media sosial X terkait keluhan masyarakat dengan adanya juru parkir liar di minimarket.

BACA JUGA:   Menkeu Sebut APBN 2024 Tetap On Track!

Masyarakat merasa tak nyaman. Apalagi terkadang para juru parkir liar ini tiba-tiba muncul saat pengunjung selesai belanja dan hendak menyalakan kendaraan.

“Jukir liar di minimarket memang membuat tidak nyaman pengunjung. Karena sebenernya parkir di tempat tersebut gratis. Kondisi itu terjadi karena pemerintah setempat tidak tegas menegakkan aturan dan tidak mampu memberi lapangan pekerjaan yang layak untuk angkatan kerja yang ada,” tulis akun @haxxxx.

Artikel Terkait