Terungkap, Penyebab Kebakaran di Indekos Tambora yang Tewaskan Enam Orang

Forumterkininews.id, Jakarta – Terjawab sudah penyebab kebakaran yang terjadi di indekos tepatnya di Kelurahan Duri Selatan, Kecamatan Tambora, Jakarta Pusat. Menurut pihak kepolisian, pemicu utamanya adalah kosleting arus listrik yang berasal dari kipas angin.

Kapolsek Tambora, Kompol Rosana Albertina Labobar di Jakarta, dilansir dari Antara, Kamis (18/8) mengatakan kebakaran karena sambungan listrik masih tertancap ke stop kontak, terjadilah korsleting arus listrik yang menimbulkan percikan api di lantai dua indekos

Lebih lanjut ia mengatakan pihaknya telah memeriksa yang tinggal di dalam kamar indekos tersebut.

“Yang punya kamar meninggalkan indekos itu jam lima pagi. Kemudian, dia lupa mencabut kipas angin. Jadi, kipas anginnya dalam keadaan nyala,” kata Rosana.

Selain itu, penyidik juga sudah memeriksa lokasi kebakaran untuk olah tempat kejadian perkara (TKP).

Saat proses olah TKP, penyidik menemukan steker listrik di kipas angin itu yang masih tertancap di stop kontak.

Untuk memperkuat temuan tersebut, polisi sudah memeriksa sembilan saksi diantaranya adalah dua pemilik indekos, dua korban luka bakar, dan lima penghuni indekos.

Sementara itu tidak menutup kemungkinan pihaknya juga akan memeriksa saksi lain guna mengungkap penyebab utama kebakaran tersebut.

Sebelumnya, Kepala Sektor Tambora Suku Dinas Gulkamart Jakarta Barat, Joko Susilo menjelaskan kronologi kebakaran berawal dari laporan masyarakat mengenai peristiwa kebakaran pada 06.36 WIB, Rabu (17/8).

Berdasarkan laporan tersebut, pihaknya kemudian mendatangi lokasi dengan lima unit mobil pompa berikut 25 personel.

Karena api tidak kunjung bisa dikendalikan, petugas akhirnya menambah personel hingga total unit yang diturunkan sebanyak 20 mobil pompa berikut 100 petugas.

Karena peristiwa tersebut, dua penghuni indekos mengalami luka bakar, dan enam penghuni indekos tewas terbakar lantaran terjebak di dalam saat api menyebar.

Artikel Terkait