Tesla Potong Harga Mobil Model 3 dan Y, Ini Alasannya

Forumterkininews.id, Beijing – Tesla telah memangkas harga awal untuk mobil Model 3 dan Model Y sebanyak 9 persen di China. Hal membalikkan tren kenaikan di seluruh industri di tengah tanda-tanda melemahnya permintaan di pasar mobil terbesar di dunia.

Tesla mengumumkan pemotongan harga itu di situs web raksasa kendaraan listrik (EV) China pada hari Senin, adalah yang pertama oleh Tesla di China pada tahun 2022.

Hal ini datang setelah Tesla mulai menawarkan insentif terbatas kepada pembeli yang memilih asuransi Tesla bulan lalu.

Pemotongan harga terjadi setelah Kepala Eksekutif Tesla Elon Musk mengatakan pekan lalu bahwa “semacam resesi” sedang berlangsung di China dan Eropa. Tesla takut akan kehilangan target pengiriman kendaraannya tahun ini.

Musk mengatakan kepada analis pekan lalu bahwa permintaan kuat pada kuartal saat ini dan mengatakan dia memperkirakan Tesla akan “tahan resesi”.

China Merchants Bank International (CMBI) mengatakan pemotongan harga Tesla menggarisbawahi meningkatnya risiko kompetitif bagi pembuat EV di China, dengan penjualan di seluruh industri diproyeksikan melambat hingga 2023.

“Pemotongan harga menggarisbawahi kemungkinan perang harga yang telah kami tekankan sejak Agustus,” kata Shi Ji, seorang analis CMBI.

Data pada hari Senin menunjukkan penjualan ritel di China tumbuh 2,5% pada bulan September, di bawah perkiraan kenaikan 3,3% dan kurang dari setengah 5 Agustus.

Artikel Terkait