Timnas Indonesia Berada di Grup Neraka, Shin Tae-yong Wajib Lakukan Ini

FT News – Pengamat sepak bola Muhammad Kusnaeni atau yang akrap disapa Bung Kus mengatakan Shin Tae-yong harus benar-benar mempersiapkan Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia berada di grup C yang dianggap grup neraka oleh banyak pihak.

Tim Merah Putih di ronde ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 tergabung bersama Australia, Cina, Bahrain, Arab Saudi dan Jepang.

Menurut Bung Kus, melawan negara-negara kuat itu, Marselino Ferdinan dkk harus benar-benar digembleng dan dipersiapkan secara matang.

“Semua grup sama beratnya bagi Indonesia. Tidak ada grup yang lebih mudah. Untuk itu, fokus saja mempersiapkan tim sebaik mungkin,” ujar Kusnaeni dikutip dari Antara.

Bung Kus mengatakan bahwa hasil undian grup tidak bisa dikatakan menguntungkan atau merugikan bagi timnas Indonesia. Pada dasarnya, di grup manapun Indonesia akan menghadapi lawan-lawan yang sama beratnya.

Secara historis, pasukan Shin Tae-yong pernah menghadapi Australia di Piala Asia dan tidak mudah mengalahkan mereka.

Demikian pula Jepang bukanlah lawan yang mudah dikalahkan, apalagi Jepang adalah tim dengan peringkat FIFA terbaik di Asia.

Untuk itu, kata dia, skuad Garuda harus dipersiapkan sebaik mungkin saja melalui latihan, agenda uji coba yang bagus, penambahan pemain baru berkualitas.

“Sinkronkan juga agenda liga dengan persiapan timnas sehingga pemusatan latihan jadi efektif,” ujarnya.

Ia menambahkan, apabila pelatih STY tidak bisa membawa tim menembus dua posisi teratas di Grup C, maka ia berharap publik Indonesia tidak berkecil

“Kita berharap masih ada kesempatan di putaran keempat,” tegasnya.

Timnas Indonesia di Grup C

Timnas Indonesia berada di grup neraka pada babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia tergabung di grup C bersama sejumlah raksasa Asia.

BACA JUGA:   Seorang Teknisi Mesin “Tersedot” ke Dalam Mesin Pesawat

Dari hasil drawing yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/6/2024) pukul 14:00 WIB, pasukan Shin Tae-yong tergabung bersama 5 negara lainya.

Timnas Indonesia tergabung di grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahraian dan Cina.

Pertandingan di grup C akan mulai berlangsung pada 5 September 2024 antara Bahrian vs Cina.

Dua negara teratas masing-masing grup nantinya mendapat tiket lolos langsung Piala Dunia 2026 hingga menghasilkan enam tim Asia pertama.

Namun masih ada dua slot lagi untuk bisa lolos ke ronde keempat dan tiket via play-off interkontinental melawan tim asal konfederasi lain.

Di partai pertama grup C, Timnas Indonesia akan melawan Arab Saudi pada 5 September 2024. Melawan Australia pada 10 September 2024.

Lalu melawan Bahrian pada 10 Oktober 2024. 5 hari kemudian, pasukan Shin Tae-yong melawan Cina. dilanjutkan melawan Jepang pada 14 November 2024.

Putaran ketiga akan dimainkan dengan format penyisihan grup kandang tandang yang dimulai pada September 2024 sampai Juni 2025.

Dua tim teratas dari masing-masing tiga grup (total enam tim) nantinya langsung melaju ke Piala Dunia 2026, yang akan menampilkan total peserta pertama kali dengan diikuti 48 tim dan pertama kali digelar di tiga negara tuan rumah yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Tim peringkat ketiga dan keempat di setiap grup (total enam tim) dari babak grup putaran ketiga akan melaju ke babak kualifikasi putaran keempat.

Mereka akan dibagi menjadi dua grup yang terdiri dari tiga tim dengan pertandingan yang akan dimainkan pada bulan Oktober dan November 2025.

Dua negara berikutnya yang merupakan peringkat teratas setiap grup akan mendapatkan tiket kualifikasi otomatis.

Artikel Terkait