Tinggalkan China, Apple Bakal Pusatkan Pembuatan di India

Forumterkininews.id, Jakarta – Kabar buruk untuk pengusaha di China. Pasalnya, Apple mulai berencana untuk pusatkan pembuatan ponsel iPhone di India.

Kabar itu pertama kali dilaporkan oleh South China Morning Post seperti dilaporkan GSM Arena, Selasa.

Kondisi tersebut diperkuat dengan pengurangan pemesanan komponen iPhone yang dilakukan Apple kepada para pemasok di China.

Keputusan Apple itu telah dirasakan memberi dampak negatif kepada para pengusaha di Negeri Tirai Bambu dengan berkurangnya pendapatan dan juga menurunnya harga saham mereka.

Selain itu, nampaknya itu juga menjadi cara Apple untuk mendiversifikasi lokasi produksinya dan memecahnya tidak hanya di China tapi juga negara-negara lain.

Tidak hanya untuk iPhone tapi juga produk-produk lainnya kini sudah mulai diproduksi lebih banyak di negara-negara lain, misalnya seperti produk AirPods dan MacBooks kini ditingkatkan pembuatannya di Vietnam.

Untuk India, dari segi persentase baru sekitar lima persen produksi iPhone di negara ini.

Informasi yang beredar di industri menyebutkan Apple akan secara perlahan menggeser dominasi produksi dari China ke India mulai dari pembuatan iPhone 15 series.

Laporan ini memperkuat laporan yang telah dikeluarkan oleh Perusahaan Investasi JP Morgan pada September 2022 yang menyebutkan bahwa Apple akan memproduksi 25 persen iPhone-nya di India pada 2025.

Artikel Terkait

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...

Bukan Google, Gen Z Mulai Gunakan Aplikasi Lain Mencari Informasi di Internet

FT News – Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa Gen...