Tingkatkan Kunjungan Wisata, Pemkab Manggarai Timur Bangun 8 Desa Wisata

Forumterkininews.id, Jakarta – Bupati Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Andreas Agas membentuk delapan desa wisata guna meningkatkan kunjungan wisatawan dan perekonomian masyarakat.

“Kami telah membentuk delapan desa wisata. Pembentukan desa wisata ini sebagai upaya pemerintah dalam memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Manggarai Timur,” katanya ketika dihubungi dari Kupang, NTT, Kamis.

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sedang bekerja keras untuk terus mempromosikan berbagai potensi wisata guna menarik kunjungan wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun domestik.

Ia menjelaskan apabila kunjungan wisatawan meningkat maka dapat berdampak pada percepatan pembangunan ekonomi masyarakat yang semakin pesat.

Andreas mengatakan delapan desa wisata itu semuanya memiliki potensi wisata baik untuk wisata alam maupun wisata budaya.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur memiliki strategi dalam mempromosikan potensi wisata yaitu dengan melaksanakan berbagai kegiatan pelantikan pejabat baik kepala dinas, camat dan kepala desa dilaksanakan di lokasi wisata.

“Sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur semua kegiatan pelantikan pejabat seperti kepala dinas, camat dan kepala desa dilakukan di lokasi wisata, hal itu merupakan strategis agar potensi-potensi wisata diketahui semua orang,” kata Andreas.

Menurut dia, beberapa waktu lalu kegiatan pelantikan Camat Sambi Rampas dilaksanakan di tepi danau Rana Tonjong di Desa Nanga Mbaling Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur.

Kawasan wisata Danau Rana Tojong menurut dia memiliki keunikan karena pada permukaan air danau seluas 2,5 hektare tumbuh menjalar tanaman Teratai atau Viktoria Amazonica yang selalu mekar pada April hingga Juni setiap tahun berupa bunga teratai berwarna merah muda.

“Kami berharap dengan semakin banyak promosi maka kunjungan wisatawan menjadi meningkat. Kami inginkan agar para wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo juga datang berkunjung ke Kabupaten Manggarai Timur yang memiliki banyak potensi wisata yang indah,” kata Andreas.

Artikel Terkait