Tinjau Malam Takbiran, Kapolda Metro: Jakarta Aman dan Kondusif

Forumterkininews.id, Jakarta – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto memastikan malam takbiran hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah di Bundaran HI, Jakarta Pusat, pada Jumat (21/4) malam, belangsung kondusif dan aman.

“Alhamdulillah siruasi jakarta aman dan kondusif, Bunderan HI memang ramai, di Jalan Thamrin banyak masyarakat yang menyambut Idul Fitri,” kata Karyoto, di Bunderan HI, Jumat (21/4) malam.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pihaknya juga telah membuat pos pengamanan guna meminimalisir adanya gangguan kamtibmas di wilayah DKI Jakarta.

“Kami, kepolisian, TNI dan Pemda menggelar pos-pos pelayanan dan pengamanan,” ungkap Karyoto.

Sementara itu Karyoto berharap agar masyarakat tidak melakukan konvoi atau iring-iringan kendaraan guna meminimalisir terjadinya laka lantas.

“Kami mengharapkan tidak ada konvoi. Adapun kegiatan masyarakat bersifat lokal misalkan di kelurahan ada pawai keliling jalan kaki. Lomba-lomba ini sangat positif dibandingkan takbir keliling yang banyak potensi gangguannya,” ujar Karyoto.

Sebelumnya, Polisi melarang warga melakukan kegiatan konvoi atau iring-iringan kendaraan di jalan raya saat malam takbiran menjelang hari raya Idul Fitri 1444 hijriah. Guna meminimalisir terjadinya ganguan kemanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Arak-arakan malam takbiran apalagi yang menggunakan mobil, motor, kita tidak bolehkan,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, saat diminta keterangan, Selasa (18/4).

Namun ia memperbolehkan warga untuk berkeliling di sekitar wilayahnya dengan berjalan kaki.

“Kalau mereka berjalan kaki di kampungnya ya itu disarankan. Tapi kalau menggunakan sepeda motor itu tidak boleh,” ungkap Latif.

Sementara itu ia memperingatkan kepada masyarakat agar melakukan kegiatan malam takbiran di tempat ibadah.

“Silahkan untuk mereka bertakbir di tempatnya masing-masing. Masjid,” ujar Latif.

BACA JUGA:   Gagalkan Curanmor di Jaktim, Pria Paruh Baya Kena Tembak

Lebih lanjut Latif mengatakan bahwa jika nanti ditemukan adanya warga yang konvoi saat malam takbiran, pihaknya akan menindak tegas.

“Kita hentikan, kita peringatkan,” ucap Latif.

Artikel Terkait