Toyota “Recall” Avanza, Sienta, Veloz dan Yaris Cross. Apa Masalahnya?

FTNews – PT Toyota Astra Motor (TAM) lakukan recall atau penarikan kembali beberapa tipe produknya antara lain Avanza, Veloz, Sienta, Vios dan Yaris Cross.

Penarikan produk yang sudah berada di tangan konsumen tersebut Toyota lakukan untuk memeriksa dan memperbaiki beberapa komponen yang terindikasi mengalami kegagalan. Atau kerusakan yang berpotensi mengancam keamanan dan keselamatan pengendara.

Sienta Produksi 2016 – 2020

PT TAM mengimbau pemilik Toyota Sienta tahun produksi Juni 2016 – April 2020 untuk melakukan pengecekan dan perbaikan Front Garnish Pillar Clip yang berada di pilar A di bengkel resmi terdekat.

Toyota melihat adanya potensi kebocoran air pada pilar depan karena performa sealer yang kurang maksima. Hal ini berisiko mengganggu kinerja sistem kelistrikan tertentu, seperti pada sliding door electric jika tidak segera ada peningkatan kekuatan sealer-nya.

Avanza dan Veloz Produksi 2021 – 2023

PT TAM juga mengajak pemilik Avanza tahun produksi November 2022 dan Veloz tahun produksi November 2022 untuk melakukan perbaikan Front Door Side Impact Beam yang kurang sempurna pemasangannya.

Perangkat safety tersebut berisiko tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga kurang memberikan perlindungan yang optimal saat terkena benturan dari samping jika tidak segera ada perbaikan strukturnya.

Ada kemungkinan masalah Front Shock Absorber Nut ditemui pada Veloz tahun produksi Oktober 2021 – Agustus 2023, Avanza tahun produksi November 2021 – September 2023.

Yaris Cross 2023. Foto: Wikipedia

Vios dan Yaris Cross 2022 – 2023

Toyota juga menemukan masalah yang sama pada Vios tahun produksi Juni 2022 – Agustus 2023, dan Yaris Cross tahun produksi Mei – September 2023.

Pengencangan yang tidak tepat dapat membuat mur menjadi kendur sehingga menimbulkan suara tidak normal. Bahkan terlepas yang mengakibatkan kestabilan kendaraan hilang ketika melaju.

BACA JUGA:   "Sentuhan Jari" Sulap Sampah Jadi Rupiah

Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, mengatakan PT TAM memohon maaf kepada pelanggan atas ketidaknyaman yang terjadi dan mengajak pelanggan untuk berkunjung ke bengkel resmi dalam rangka perbaikan parts model tertentu.

“Program recall ini merupakan wujud komitmen Toyota untuk mengutamakan keamanan dan kenyamanan pelanggan,” terang Henry Tanoto, dalam keterangan resminya baru-baru ini.

Dengan segala kerendahan hati, ia pun mengimbau pelanggan agar segera mengecek apakah mobilnya masuk ke dalam daftar unit yang mendapatkan recall. Agar segera dapat melakukan proses perbaikan pada komponen tersebut di bengkel resmi Toyota tanpa ada biaya apapun.

Henry juga menegaskan, kegiatan ini merupakan bukti keterbukaan informasi Toyota atas kondisi aktual kendaraan. Selanjutnya menghadirkan solusi penyelesaian yang tuntas untuk memberikan peace of mind kepada pelanggan.

Aktivitas ini juga merupakan bagian dari proses rutin quality monitoring Toyota. Ketika ada ketidaksesuaian harus ada penanganan segera.

“Kegiatan recall ini juga memberikan masukan berharga dalam menghadirkan ever-better cars di masa depan,” tegas Henry Tanoto.

Bengkel resmi akan melakukan penambahan bracket penguat dan titik las pada Side Door Impact Beam pintu depan kanan.

Proses pengerjaan teknisi bengkel resmi Toyota yang sudah tersertifikasi Toyota global lakukan. Seluruh proses pemeriksaan hingga selesai gratis tanpa biaya apapun.

Artikel Terkait

Live Streaming di Indonesia, Youtuber IShowSpeed Sampai Dibikin Nangis!

FT News - Seorang Youtuber asal Amerika Serikat (AS), IShowSpeed,...

Respon Polos Orang Indonesia saat Bertemu Youtuber Speed: Dia Siapa?

FT News - Youtuber Speed atau IShowSpeed sedang berkunjung...

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...