Uhuy! Komeng Masuk Bursa Calon Gubernur Jawa Barat, Auto Win?

FTNews – Komeng anggota DPR terpilih Pemilu 2024 masuk dalam bursa calon gubernur Jawa Barat versi hasil survei Litbang Kompas.

Dari hasil survei Litbang Kompas, nama Alfiansyah Komeng memiliki elektabilitas sebesar 0,8 persen. Menariknya, elektabilitas pelawak ini sama dengan dua politisi senior, Desy Ratnasari dan Deddy Mizwar.

Elektabilitas pelawak kelahiran Jakarta 25 Agustus 1970 ini masih dibawah kandidat beken lainnya, seperti Presiden PKS Ahmad Syaikhu (1,0%), Bima Arya (1,6%) dan istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya (1,6%).

Komeng bersama keluarganya berfoto setelah menggunakan hak pilih mereka. Foto: instagram/komeng.original

 

Sementara dari hasil survel Litbang Kompas, dua posisi teratas masih ditempati oleh, mantan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi dengan 12,2 persen dan Ridwan Kamil dengan elektabilitas 36,6 persen.

Dari survei Litbang Kompas ini, sebanyak 41,0 persen responden memilih tidak tahu/tidak jawab dan 3,6 persen menjawab ‘lainnya’.

Survei dilakukan pada 15-20 Juni 2024 yang melibatkan 500 responden melalui wawancara tatap muka dengan margin of error ±4,38 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. (Foto: Humas Pemda Jawa Barat)

 

Pada Pemilihan umum legislatif Indonesia 2024, Komeng mencalonkan diri sebagai calon Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dari Jawa Barat. Agar lebih mudah dikenali, ia mengubah nama resminya dari Alfiansyah menjadi Alfiansyah Komeng.

Kemunculan Komeng di Pemilu 2024 jadi fenomena politik tersendiri. Ia memperoleh hampir 5,4 juta suara, dengan selisih suara terbanyak di antara 54 calon senator di Jawa Barat, dan yang paling banyak diterima oleh calon senator Indonesia mana pun hingga saat ini.

Artikel Terkait