Ungguli Pemilu 2024, Pemimpin Asing Ucapkan Selamat Kepada Prabowo

FTNews – Pasangan calon (paslon) nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, masih mengungguli real count per hari Jumat (16/2). Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan Prabowo-Gibran unggul sebanyak 56,78 persen per 08.30 WIB, 16 Februari 2024.

Saat ini, suara yang sudah terkumpul di KPU sebesar 50,22 persen atau sekitar 413 ribu Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 823 ribu total TPS.

Berdasarkan perhitungan quick count berbagai lembaga, Prabowo-Gibran juga unggul dengan perolehan suara lebih dari 50 persen. Seperti Lembaga Survei Indonesia (LSI) menghitung keunggulan suara sebanyak 57,46 persen berdasarkan sampel di 2.000 TPS.

Selain itu, Populi Center telah mendapatkan data sebesar 59,10 persen untuk Prabowo-Gibran dengan sampel sebanyak 2.500 TPS.

Berdasarkan keunggulan mereka, banyak pemimpin luar negeri yang sudah memberi selamat kepada Prabowo-Gibran yang mengungguli Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Bahkan, Prabowo mengunggah sebuah foto di Instagram di mana ia terlihat sedang bertelepon dengan salah satu pemimpin asing. Dalam unggahan tersebut, ia mengatakan sebanyak lima pemimpin asing yang sudah mengucapkan selamat secara langsung.

Prabowo Subianto saat menerima telepon dari berbagai pemimpin asing. Foto: instagram/prabowo

Pemimpin-pemimpin tersebut adalah Perdana Menteri (PM) Australia beserta Wakilnya, Anthony Albanese dan Richard Males. Selain itu, terdapat PM Leeh Sien Loong dari Singapura, PM Anwar Ibrahim dari Malaysia, dan Presiden Ranil Wickremesinghe dari Sri Lanka.

Tidak hanya itu, beberapa pemimpin juga mengucapkan melalui akun media sosial mereka. Pemimpin-pemimpin tersebut adalah sebagai berikut.

Perdana Menteri (PM) Mark Rutte, Belanda

Melalui akun resmi miliknya di media sosial X, Mark Rutte mengucapkan selamat kepada Prabowo atas proyeksi hasil pemilu. Selain itu, Rutte mengatakan bahwa ia ingin melanjutkan kerja sama antara Indonesia dan Belanda.

BACA JUGA:   Kampanye Hari ke-43: Prabowo ke Sumatera, Gibran Keliling Bali

“Saya baru saja memberi selamat kepada @Prabowo Subianto terkait dengan proyeksi hasil pemilu di Indonesia kemarin. Saya menanti untuk melanjutkan pertemanan dan ikatan kuat di antara dua negara kita,” tulisnya di X.

PM Anthony Albanese, Australia

Pemimpin Australia, PM Anthony Albanese, juga telah mengucapkan selamat kepada Prabowo atas keunggulannya di quick count dan real count. Selain itu, ia juga mengaku bahwa dirinya adalah pemimpin asing pertama yang berhubungan langsung kepada Prabowo.

“Saya merasa terhormat menjadi pemimpin asing pertama yang berbicara dengan Prabowo, yang memimpin perhitungan resmi dan tidak resmi, tentang ambisi masa depan hubungan Australia-Indonesia,” tulis PM Albanese di media sosial X.

“Saya menanti untuk dapat bekerja sama secara dekat dengan presiden Indonesia yang baru setelah inagurasi pada Oktober 2024,” lanjutnya.

PM Petr Fiala, Republik Ceko

Kali ini, giliran PM Republik Ceko, Petr Fiala yang mengucapkan selamat kepada Prabowo. Sekaligus, ia mengenang kunjungannya ke Indonesia yang kurang dari setahun yang lalu.

“Selamat kepada H.E @prabowo Subianto atas kemenangan Pemilu Indonesia 2024,” ungkapnya melalui sebuah unggahan di media sosial X.

“Mengingat kunjungan saya ke negara anda yang indah kurang dari setahun lalu, biar kan saya mendoakan untuk transisi yang halus seperti kesiapan kita untuk memperkuat relasi bilateral antara kedua negara kita,” tambah PM Fiala.

Artikel Terkait

Makin Solid, Koalisi Jakarta Baru akan Gerilya Menangkan Rido

FTNews - Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengungkapkan partai...

Ridwan Kamil Hadiri Kick-Off Rembug Kota

FT News - Bertepatan dengan Hari Demokrasi Internasional, Rembug...

Terungkap! Ini Pesan Khusus Prabowo Pada Ridwan Kamil

FTNews - Calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mendapat pesan...