Waduh, Indonesia Nomor 4 Obesitas Tertinggi se-Asia Tenggara

Forumterkininews.id, Jakarta – Obesitas merupakan masalah global yang menurut World Health Organization (WHO) sudah menjadi epidemi global.

Terdapat beberapa faktor penyebab obesitas di antaranya genetik, fisiologis, lingkungan, dan sosial ekonomi. Mengutip sebuah studi penelitian, dampak dari obesitas sendiri antara lain kesulitan bernapas, peningkatan risiko patah tulang, hipertensi, penanda awal penyakit kardiovaskular, resistensi insulin dan masalah psikologis.

Beberapa tahun belakangan, tingkat obesitas di Indonesia menjadi masalah yang semakin meningkat. Bahkan,Indonesia menduduki posisi keempat dengan penduduk obesitas tertinggi se-Asia Tenggara.

Tingkat Obesitas di Asia Tenggara Central Intelligence Agency’s World Factbook. (Foto: data.goodstats.id)

Selain itu, data dari Central Intelligence Agency’s World Factbook, menyebutkan adanya variasi yang signifikan dalam masalah obesitas di negara-negara Asia Tenggara.

Di posisi pertama, terdapat Malaysia dengan presentase tingkat obesitas sebesar 15,6 persen. Kemudian, ada Brunei Darussalam dengan tingkat presentase sebesar 14,1 persen.

Lalu, posisi ketiga ada Thailand sebesar 10 persen, kemudian Indonesia dengan 6,9 persen di posisi keempat. Ada Filipina dan Singapura yang memiliki tingkat presentase obesitas hampir sama 6,4% dan 6,1%.

Lalu, ada Myanmar dengan tingkat obesitas 5,8%, Kamboja 3,9%, Timor Leste 3,8% dan terakhir diduduki oleh Vietnam dengan presentase tingkat obesitas terendah kesepuluh sebesar 2,1%.

Pola makan seseorang bisa juga menjadi penyebab dari obesitas, seperti seringnya mengonsumsi makanan manis, makanan instan, atau makanan siap saji. Oleh karena itu, pengetahuan mengenaik bahaya obesitas ini perlu dipahami oleh jajaran masyarakat.

Pentingnya meningkatkan kesadaran bersama untuk melakukan pencegahan obesitas sejak dini. Mulai dari kecil, ajarkan anak untuk menjaga pola makan dengan prinsip gizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh anak.

Artikel Terkait