Wales Lolos ke Piala Dunia 2022 setelah Menunggu 64 Tahun

Forumterkininews.id, Cardiff – Penantian Wales selama 64 tahun berakhir. Setelah terakhir kali merasakan bermain di Piala Dunia 1958, Wales sukses mewujudkan impiannya untuk kembali berada di putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar, usai mengalahkan Ukraina 1-0 dalam final play off di Cardiff, Minggu atau Senin (6/6) dini hari WIB.

Gol bunuh diri pemain Ukraina Andriy Yarmolenko menjadi penentu kemenangan sekaligus lolosnya Wales ke Qatar. Gol bermula ketika Yarmolenko yang mencoba menghalau bola dari tendangan bebas Gareth Bale. Maksud hati menanduk bola agar menjauh, ternyata malah mengarah ke gawang sendiri.

Bagi Ukraina, negara yang sat ini sedang mengalami masa-masa sulit akibat invasi Rusia, kekalahan ini tentu saja sangat tragis. Ukraina, yang ditangani Oleksandr Petrakov sebelumnya menyingkirkan Skotlandia dalam semifinal playoff. Penampilan apik Ukraina membuat tim ini difavoritkan bakal lolos ke Piala Dunia.

Sayangnya, kekuatan Ukraina mengalami penurunan akibat culup banyak pemain yang tidak bisa melanjutkan kompetisi di negaranya akibat invasi.

“Kami sudah melakukan semua yang kami bisa. Saya minta maaf kami tidak mencetak gol. Namun, inilah sepakbola,” kata Petrakov usai pertandingan seperti dilansir dari laman resmi UEFA.

 

Artikel Terkait