Waspada! Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Bakal Guyur Sumut dalam Beberapa Hari ke Depan

Hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang diperkirakan bakal mengguyur di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) dalam beberapa hari ke depan. Untuk mengantisipasi dampaknya, masyarakat diminta mewaspadai potensi tersebut.

Peringatan itu disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Senin (25/12).

“Hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di lereng barat, lereng timur dan pegunungan Sumatera Utara yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologis seperti banjir dan longsor,” kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Endah Paramita.

Ia mengemukakan, dalam dua hari mendatang, potensi hujan ringan akan terjadi pada pagi hari di wilayah Medan, Langkat, Binjai Deli Serdang dan sekitarnya.

Kemudian pada siang dan sore hari cuaca berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat.

Adapun hujan lebat berpotensi terjadi di Simalungun, Pematang Siantar, Langkat, Medan, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Sibolga, Padang Lawas, Humbang Hasundutan, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Kemudian pada malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Sumatera Utara

Sementara pada dini hari, berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Padang Sidempuan, Padang Lawas dan sekitarnya.

Sementara, suhu udara rata-rata 16 hingga 31 derajat celcius, sedangkan kelembapan udara 60–95 persen dan angin berembus dari timur laut ke tenggara dengan kecepatan 10 kilometer hingga 30 kilometer per jam.

Artikel Terkait