Teknologi

YouTuber Kini tak Bergantung pada Pendapatan Iklan, Ini yang Mereka Lakukan

03 Oktober 2025 | 23:51 WIB
YouTuber Kini tak Bergantung pada Pendapatan Iklan, Ini yang Mereka Lakukan
Ilustrasi/Foto: freestocks.org, pexels.com

YouTuber tidak lagi bergantung pada pendapatan iklan. Kini mereka memiliki banyak cara untuk meningkatkan pendapatan tanpa harus bergantung pada iklan.

rb-1

Dilansir techcrunch, YouTube telah menjadi platform terbesar di luar sana, menawarkan banyak peluang bagi para kreator untuk mencari nafkah. Pada bulan Juni, perusahaan tersebut melaporkan bahwa ekosistem kreatifnya telah menyumbang lebih dari $55 miliar ke PDB AS dan menciptakan lebih dari 490.000 lapangan kerja penuh waktu.

Namun, banyak YouTuber telah mengurangi ketergantungan mereka pada pendapatan iklan dan kesepakatan mereka. Ada beberapa alasan untuk perubahan ini.

Baca Juga: Kisah Deddy Corbuzier 'Dipalak' Petugas Pajak Rp 8 M

rb-3

Pertama, pendapatan iklan tidak dapat diprediksi. Dengan YouTube yang terus memperbarui kebijakannya, beberapa kreator merasa kesulitan untuk mendapatkan iklan untuk video mereka, yang dapat berdampak negatif pada pendapatan mereka. Mereka juga menyadari bahwa pendapatan dari streaming ini dapat hilang secara tiba-tiba.

Menyadari volatilitas pendapatan yang bergantung pada platform, banyak YouTuber tidak lagi hanya kreator. Mereka adalah perusahaan media yang terintegrasi secara vertikal dengan bisnis paralel, termasuk lini produk, usaha fisik, dan merek konsumen yang dapat bertahan lebih lama dari perubahan algoritma dan kebijakan.

Dalam beberapa kasus, bisnis sampingan ini tumbuh lebih cepat dan lebih berkelanjutan daripada kanal YouTube mereka.

Baca Juga: Lagi, Karyawati Tertipu Kerjaan Modus Subscribe Youtube

Jimmy Donaldson, yang dikenal sebagai MrBeast, yang memiliki 442 juta pelanggan, bukan hanya salah satu bintang terbesar YouTube — ia adalah wirausahawan paling agresif di sana.

Berawal dari toko merchandise pada tahun 2018 — ShopMrBeast — bisnis ini telah berkembang pesat menjadi portofolio bisnis, termasuk merek camilannya yang kini berusia tiga tahun, Feastables.

Produk awal Feastables adalah "MrBeast Bar", sebuah cokelat batangan yang menghasilkan penjualan lebih dari $10 juta dalam 72 jam pertama, terjual lebih dari 1 juta batang saat peluncuran.

Hingga saat ini, Feastables lebih menguntungkan daripada konten YouTube-nya dan bahkan serial kompetisi "Beast Games" di Prime Video. Pada tahun 2024, Feastables menghasilkan pendapatan sekitar $250 juta dan laba lebih dari $20 juta, sementara bisnis medianya merugi sekitar $80 juta.***

Sumber: techcrunch.com

Tag YouTube YouTuber

Terkait

Terkini