“3 Menit untuk Indonesia”: Lagu Kebangsaan Berkumandang di Perempatan Jalan di Kota Bandung

FTNews, Kota Bandung— Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Dinas Perhubungan Kota Bandung kembali melaksanakan acara tahunan “3 Menit untuk Indonesia”.

Acara yang dimulai sejak tahun 2021 ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan masyarakat dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya di berbagai jalan utama Bandung, tepat pada saat pengibaran bendera merah putih pada pukul 10.00 WIB.

Dilansir keterangan Diskominfo Kota Bandung, Operator ATCS Dinas Perhubungan Kota Bandung, Abdullah Putra Gandara menyampaikan, ‘3 Menit untuk Indonesia’ ingin mengajak seluruh masyarakat untuk sejenak menghentikan aktivitas dan bersama-sama memberikan penghormatan kepada negara dengan penuh rasa cinta tanah air.

Detik-detik peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 79, Sabtu (17/8/2024)/Foto: Diskominfo Kota Bandung

“Pengumandangan lagu Indonesia Raya ini dilakukan secara serentak, dan diharapkan menjadi momen kebanggaan nasional. Acara ini mendapatkan antusias masyarakat Kota Bandung,” katanya.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan di sejumlah titik strategis di kota Bandung, di antaranya Simpang Lima, Persimpangan Cikapayang, Persimpangan Paskal, Persimpangan Telkom, dan Persimpangan Samsat.

Selama tiga menit, seluruh aktivitas kendaraan dan pejalan kaki di lokasi tersebut akan dihentikan sementara untuk memberikan ruang bagi masyarakat menghormati pengibaran bendera merah putih.

“Pada pukul 10.00 WIB, kami meminta seluruh warga Bandung yang berada di titik-titik tersebut berhenti sejenak, berdiri dengan sikap sempurna, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.”

“Ini adalah bentuk rasa syukur dan penghargaan kita terhadap perjuangan kemerdekaan yang telah kita nikmati hingga hari ini. Lagu Indonesia Raya dikumandangkan melalui speaker yang ada di traffic light yang sudah direkam terlebih dahulu untuk menghindari noise,” jelasnya.***

Artikel Terkait

Update Gempa M4.9 Bandung-Garut: Pengungsi di Kabupaten Bandung 490 Jiwa

FTNews --- Sejumlah warga Kabupaten Bandung mengalami luka-luka saat...

Dugaan Praktek Prostitusi di Dua Apartemen Kota Bandung, 24 Orang Diamankan

FTNews, Kota Bandung--- Tim gabungan menggelar operasi penertiban di...