6 Buah Tinggi Protein, Bisa Kembangkan Massa Otot

FTNews – Ada banyak sumber protein yang baik bagi tubuh, seperti pada buah, sayur, dan susu. Protein atau mikronutrien sendiri bermanfaat untuk mengembangkan massa otot dalam tubuh. Oleh karena itu, kamu perlu tahu buah tinggi protein untuk kesehatan tubuh.

Beberapa fungsi protein di antaranya membentuk jaringan dalam masa pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Lalu, memelihara jaringan tubuh, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan memperbaiki serta mengganti jaringan yang rusak atau mati

Memasukkan buah-buahan ke dalam menu makanan juga merupakan cara yang bagus untuk menambah asupan vitamin, mineral, serat. Untuk tujuan praktis, enam buah tinggi protein ini perlu dimasukkan dalam menu makanan, sebagai berikut:

Buah Tinggi Protein
Foto: Live Science


Jambu Biji

Jambu biji adalah buah tropis yang sebagian besar dibudidayakan di Indonesia. Terkenal dengan teksturnya yang renyah dan rasa manis, buah ini mengandung merupakan sumber serat, vitamin C, dan potasium. Jambu biji menjadi buah tinggi protein sebanyak 4,2 gram mikronutrien per cangkir.

Alpukat

Mungkin kamu tidak akan terlintas ketika memikirkan protein dalam buah. Namun, buah berwarna hijau krem ​​​​ini mengandung mikronutrien hampir 3g per cangkir. 

Laporan dalam jurnal Nutrients menyebut, konsumsi rutin buah hijau ini dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan meningkatkan kesehatan usus.

Buah Tinggi Protein
Foto: Live Science

Kiwi

Kiwi dikenal karena rasanya yang menyegarkan dan sedikit asam yang menambah sentuhan eksotis pada smoothie dan salad buah. Kiwi menjadi buah tinggi protein karena mengandung 2,1 gram mikronutrien. Selain itu, Kiwi rendah kalori dan tinggi mikronutrien seperti potasium, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Blackberry

Blackberry terkenal dengan rasa buahnya yang asam. Satu cangkir blackberry mentah mengandung hampir 2g protein. Blackberry juga mengandung mangan, magnesium , vitamin C dan vitamin K. Selain itu, juga mengandung gula dan serat.

BACA JUGA:   Tiga Mitos Seputar Menstruasi yang Harus Kamu Tahu
Buah Tinggi Protein
Foto: Live Science

Pisang

Buah tinggi protein selanjutnya adalah pisang. Adapun satu cangkir berisi irisan pisang mengandung sekitar 1,6 gram makronutrien. Pisang juga kaya akan serat dan karbohidrat kompleks.

Buah kuning ini mengandung sejumlah besar vitamin B6 , vitamin C, dan potasium. Dan menurut ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry.

Jeruk

Jeruk juga menjadi buah tinggi protein. Satu jeruk segar berukuran sedang mengandung sekitar 1 gram mikronutrien. Buah ini juga tinggi serat, vitamin A, vitamin C, dan kalsium.

Penelitian juga menyebut, jeruk memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Sehingga, mengurangi risiko terkena kanker, penyakit jantung, dan kondisi neurodegeneratif.

Artikel Terkait